Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Batik, Mampir ke Pekan Batik Nusantara di Pekalongan

Kompas.com - 02/10/2019, 09:06 WIB
Ari Himawan Sarono,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


PEKALONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, kembali menggelar Pekan Batik Nusantara 2019. Kegiatan ini rencananya dimulai 4 Oktober hingga 10 Oktober 2019 dan digelar di komplek Wisata Budaya Jetayu.

Pada Pekan Batik tersebut pameran berada di Gor Jetayu dan kuliner di sekitaran Jalan Raden Shaleh.

Baca juga: Ingin Berwisata Kuliner dan Belanja Batik Pekalongan, Cek Explore Pekalongan

Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz mengatakan Pekan Batik tersebut diharapkan dapat menjadi destinasi tujuan wisata tahunan di Indonesia sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kegiatan Pekan Batik ini bisa menjadi pengungkit ekonomi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam ekonomi, serta menumbuhkembangkan laju perekonomian di daerah. Kegiatan Pekan Batik ini juga diharapkan bisa menimbulkan dampak positif yang lebih luas secara nasional bagi pengembangan batik nusantara," kata Saelany, Selasa (1/10/2019).

Walikota Pekalongan Jawa Tengah Saelany Mahfudz saat menjelaskan tentang Pekan Batik kepada media.Kompas.com/Ari Himawan Walikota Pekalongan Jawa Tengah Saelany Mahfudz saat menjelaskan tentang Pekan Batik kepada media.

Saelany melanjutkan Pekan Batik bisa meningkatkan pemasaran batik di Indonesia dan mancanegara serta dapat meningkatkan ekspor.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Tidak Biasa dari Pekalongan

Walikota menambahkan dalam rangkaian memperingati Hari Batik Nasional 2019, kegiatan Pekan Batik juga bertujuan untuk mempromosikan batik ke pasar mancanegara dan meningkatkan pemasaran batik secara global, meningkatkan jaringan pasar, serta mendatangkan buyer dari dalam maupun luar negeri.

"Pemkot menargetkan nilai transaksi kegiatan Pekan Batik 2019 mampu mencapai Rp10 miliar atau naik dibanding tahun sebelumnya Rp 6 miliar," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com