Share this page

Selami Indahnya Teluk Jailolo

Kompas.com - 7/Oct/2019 , 13:53 WIB

Selami Indahnya Teluk Jailolo

KOMPAS.com - Secara geografis, Teluk Jailolo berdekatan dengan Pulau Ternate dan Pulau Tidore namun secara administratif teluk ini merupakan ibu kota dari Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Walau nama Jailolo tidak begitu asing, namun kenyataannya hingga saat ini belum banyak ulasan soal destinasi tersebut.

Maka tak heran jika dalam beberapa tahun belakangan, pemerintah gencar mempromosikan Teluk Jailolo lewat Festival Teluk Jailolo yang biasanya digelar pada bulan Mei atau Juni.

Sebenarnya, perairan di sekitar teluk merupakan jalur lalu lintas kapal penumpang, namun belum begitu padat, sehingga kondisi air dan habitat di bawahnya masih sangat terjaga. Tapi, apa, sih yang bisa kita nikmati di sana?

Seperti kawasan timur Indonesia lainnya, Jailolo juga menyimpan kekayaan ekosistem bawah laut yang amat menawan. Ikan-ikan cantik, terumbu karang, hingga binatang laut lainnya siap menyambut kita dengan ramah. Tapi ingat, kita juga punya kewajiban untuk menjaga habitat mereka agar tetap terawat.

Tidak seperti sepuluh tahun lalu, saat ini di sekitar Teluk Jailolo sudah terdapat beberapa operator wisata selam. Jika tidak berani atau tidak memiliki lisensi selam, snorkeling juga sudah cukup untuk menikmati keindahan bawah laut Jailolo.

Dekat Teluk Jailolo juga terdapat pantai yang sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar, namanya Pantai Rappa Pelangi. Wisatawan bisa bermalam di sini untuk menjelajahi seluruh wilayah teluk.

Destinasi lainnya yang tak kalah seru untuk dikunjungi di sekitar Jailolo, antara lain Pulau Pastofiri dan Pulau Babua.

Kedua pulau tersebut merupakan pulau tidak berpenghuni yang dihiasi batuan koral berukuran besar dengan bentuk yang artistik.

Menurut nelayan setempat, konon Pulau Babua merupakan Pulau Keramat, karena menjadi saksi bisu peperangan antara Sultan Ternate dan Sultan Jailolo yang mengakibatkan tewasnya Sultan Jailolo di Pulau Babua.

Pulau Babua dan Pulau Pastofisi memiliki air laut yang bening dan jernih, sehingga kita dapat menikmati permukaan dangkal dengan berbagai biota laut dan terumbu karang yang menghiasinya.

Di Pulau Babua dan Pastofiri, Sobat Pesona dapat berkegiatan snorkeling, mapun diving. Menariknya, di Pulau Pastofiri pantainya terbentuk dari hamparan karang laut yang membentang mengilili pulau.

Baca artikel lainnya:

Berburu Senja Memikat di Pantai Lapasi Jailolo

Kuliner Jailolo, Cita Rasa Unik yang Tak Terlupakan

Yuk Agendakan, 3 Pantai Surga di Teluk Tomini

Selami juga keindahan Indonesia lewat destinasi lainnya. Cek informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya