Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Proses Pembuatan Tauco Tertua di Cianjur

Kompas.com - 10/10/2019, 12:28 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


CIANJUR, KOMPAS.com - Tauco sering ditemukan di dapur sebagai bumbu penyedap makanan yang memiliki rasa yang khas. Tauco terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi.

Sebelum sampai ke dapur-dapur rumah dan restoran sebagai bumbu pelengkap, proses pembuatan tauco memakan waktu hingga tiga bulan lamanya.

Baca juga: Mencicipi Swike Purwodadi, Sup Kodok dengan Tauco

Rombongan media trip 'Perempuan Penggiat Ekonomi' dari Permata Bank berkesempatan mengunjungi pusat produksi Tauco Cap Meong di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (9/9/2019).

Kompas.com berkunjung ke pusat produksi Tauco Cap Meong di Jalan Gunung Lanjung KM 5 Cugenang, Kabupaten Cianjur. Di sini, kita bisa melihat langsung proses pembuatan tauco.

Stefany Tasma, sebagai pewaris usaha Tauco Cap Meong, membagikan cerita perjalanan kacang kedelai hingga menjadi tauco.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Tauco Cap Meong sendiri menjadi salah satu ikon Kabupaten Cianjur. Malahan, Tauco Cap Meong seakan mampu mendatangkan wisatawan ke kota Cianjur.

Ada banyak wisatawan yang datang ke Cianjur khusus untuk membeli tauco ini. Ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Cianjur. Untuk membeli tauco, bisa mampir ke tokonya di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 160.

Tak heran karena Tauco Cap Meong adalah merek tauco yang terkenal dari Cianjur. Tauco Cap Meong sudah berdiri sejak tahun 1880.

Inilah tauco tertua dan disebut-sebut sebagai pelopor tauco di Cianjur. Stefany Tasma sendiri merupakan keturunan keempat dari pendiri Tauco Cap Meong.

Proses Pembuatan Tauco

Bahan utama dalam pembuatan tauco adalah kedelai. Tauco Cap Meong mengunakan kedelai impor pilihan sebagai bahan dasar dari bumbu dengan citarasa asin itu.

“Kedelai yang diimpor dipilih manual satu-satu, biasanya satu karung tidak semua kedelai yang punya kualitas bagus, jadi memang harus dipilih terlebih dahulu. Biasanya tercampur dengan batu,” jelas Stefany di tempat pembuatan Tauco Cap Meong di daerah Cijedil, Cianjur, Jawa Barat, Rabu, (09/10/2019).

Setelah melewati proses pemilihan kedelai yang berkualitas, selanjutnya proses penjemuran di bawah sinar matahari. Proses penjemuran dilakukan kurang lebih satu minggu, sampai kedelai benar-benar kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com