Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh-Oleh Khas Cianjur, Jangan Lupa Beli Makanan dan Kopi Ini

Kompas.com - 15/10/2019, 19:04 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


CIANJUR, KOMPAS.com - Cianjur menjadi salah satu obyek wisata yang dipilih warga ibu kota dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu berlibur.

Udara Cianjur yang sejuk dan jauh dari polusi membuat wisatawan betah berkeliling di Kota Santri itu.

Baca juga: Gedung Ampera, Gedung Bersejarah di Cianjur yang Terbengkalai

Jika berkunjung ke Cianjur, jangan lupa untuk membawa pulang buah tangan khas Cianjur. Berikut empat oleh-oleh yang wajib dibawa pulang ketika kamu sedang berkunjung ke Cianjur.

1. Tauco Cap Meong

Tauco satu ini sudah menjadi ikon Kota Cianjur. Berdiri sejak tahun 1880, Tauco Cap Meong berhasil menarik pelanggan dari luar kota untuk berkunjung ke Cianjur. Tauco pertama di Cianjur ini bisa dibeli di outlet lamanya di Jalan HOS Cokroaminoto No. 160, Cianjur.

Baca juga: Cerita Tauco Cap Meong Cianjur, Umurnya Lebih dari 1 Abad

Tauco Cap Meong yang sudah berusia satu abad lebih itu memiliki cita rasa asin, gurih dan bisa menjadi salah satu bumbu masak di dapur kamu. Tauco bisa menjadi pelengkap rasa di makan seperti tumis kangkung, tumis genjer, ikan gurame bumbu tauco dan masih banyak lagi.

Seorang kariawan mengemas tauco di dalam botol, siap untuk diperjual belikan di Toko Tauco Cap Meong di CianjurKOMPAS.com / Gabriella Wijaya Seorang kariawan mengemas tauco di dalam botol, siap untuk diperjual belikan di Toko Tauco Cap Meong di Cianjur

Proses pembuatan sebotol tauco bisa memakan waktu sampai 3 bulan lamanya. Jika kamu ingin mengetahui proses pembuatan tauco, kamu bisa langsung mengunjungi tempat produksinya di Jalan Gunung Lanjung KM 5 Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Tauco Cap Meong memiliki 2 varian, ada yang tauco kering seharga Rp 15.000  dan tauco siap pakai seharga Rp 20.000.

2. Toko Roti Tan Keng Cu.

Roti manis dari Toko Roti Tan Keng Chu, yang baru saja keluar dari oven dan siap untuk di beli oleh pelanggan.Kompas.com / Gabriella Wijaya Roti manis dari Toko Roti Tan Keng Chu, yang baru saja keluar dari oven dan siap untuk di beli oleh pelanggan.

Toko roti legendari ini dulunya merupakan pemasok roti untuk tentara Belanda se-Jawa Barat. Toko Roti Tan Keng Cu mempertahankan proses mengolah roti dengan alat-alat produksi sejak zaman kolonial. Resep yang digunakan hanya tepung, mentega, dan gula namun bisa menghadirkan roti manis yang sering dicari oleh pelanggan.

Baca juga: Roti Tan Keng Chu, Roti Para Tentara Belanda di Zaman Kolonial

Roti manis adalah salah satu jenis roti yang ada di Toko Roti Tan Keng Chu. Walaupun bahannya sederhana, roti ini tak lenyap ditelan zaman.

Roti jadul dari Toko yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 95, Cianjur ini dapat diacungi jempol karena tekturnya yang empuk dan rasa manis yang pas.

Selain roti manis yang sudah ada sejak lama dan roti tawar yang dulu dikonsumsi tentara Belanda, kini Toko Roti Tan Keng Cu mulai melebarkan sayapnya ke hidangan berbahan dasar roti lainya. Seperti zuppa soup , aneka pizza, dan roti dengan isian bervariasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com