Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 8 Kuliner Solo Langganan Jokowi

Kompas.com - 20/10/2019, 10:11 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Minggu (20/10/2019) Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024. Jokowi pada periode lalu sering kali menyuarakan tentang kuliner Kota Solo yang merupakan makanan favoritnya.

Kota yang terkenal dengan Pasar Klewer itu menyimpan sederet kuliner khas yang siap menggoyang lidahmu.

Berikut 8 makanan khas Solo yang jadi kesukaan orang nomor satu di Inonesia.

1. Ayam Goreng Mbah Karto

Menu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Menu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam).
Ayam Goreng Mbah Karto menjadi hidangan kesukanan Joko Widodo sejak ia menjabat sebagai Wali Kota Solo. Jokowi dan keluarganya kerap kali menyantap ayam goreng kampung satu ini.

Ayam goreng mbah karto, dimasak dengan bumbu bacem, bawang putih, dan rempah, lalu diungkep di atas api kayu bakar.

Rumah makan yang terletak di Jaksa Agung R Suprapto no 8, Sukoharjo sekitar satu kilo dari Kota Solo menyajikan banyak aneka sambal yang bisa menggugah selera makan penikmatnya.

Salah satunya adalah sambal blondho. Sambal yang satu ini juga sambal kesukaan Jokowi.

Baca juga: Ayam Goreng Mbah Karto, Kesukaan Jokowi Saat Liburan

 

Sambal ini terbuat dari ampas minyak yang dihasilkan dari endapan santan kental atau areh yang matang, kemudian dicampur sambal bawang.

Seporsi ayam dengan potongan dada atau paha dengan nasi putih dijual seharga Rp 21.000, dengan rincian harga nasi Rp. 6000 dan Ayam Rp 15.000.

Sepiring hidangan ayam goreng kampung disajikan dengan nasi putih, urap sayur, lalapan, dan sambal. Sementara sambal bisa dipilih ada sambal blondho, sambal bawang dan lainnya.

2. Sate Kere Mbak Tug

Sate kere buatan Mbak Tugiyem di Solo, Jawa Tengah. Sate ini merupakan kegemaran Presiden RI, Joko Widodo.KOMPAS.com/ Lulu Cinantya Mahendra Sate kere buatan Mbak Tugiyem di Solo, Jawa Tengah. Sate ini merupakan kegemaran Presiden RI, Joko Widodo.

Sate kere, yang berati sate miskin, sate yang dulunya diperuntukkan bagi orang miskin ini sudah naik kelas. Bahkan menjadi salah satu hidangan kesukaan Presiden RI.

Sate kere berisi jeroan sapi seperti jantung, paru (bagian paru-paru), lambung, usus, tempe.

Sajian ini lahir dari tangan-tangan masyarakat lokal zaman penjajahan yang tidak bisa menikmati daging karena keterbatasan ekonomi.

Kuliner khas Solo ini digadang-gadang jadi salah satu hidangan dalam perayaan resepsi Kahiyang, 8 November tahun 2017 lalu. Salah satu penjual sate kere terkenal di Kota Solo adalah Sate Kere Mbak Tug.

Baca juga: Nikmatnya Sate Kere Mbak Tug, Sate Langganan Jokowi

Jokowi sering menyantap sepiring sate kere jika sedang berada di kampung halamannya. Tugiem pemiliki Sate Kere Mbak Tug mengatakan bahwa Jokowi sering menyantap bagian gemar menyantap potongan babat yang tebal dan tetelan (sisa daging yang melekat pada tulang).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com