Share this page

Menikmati Bubur Madura, Racikan Legit Menggoda

Kompas.com - 20/Oct/2019 , 14:23 WIB

Menikmati Bubur Madura, Racikan Legit Menggoda


KOMPAS.com - 
Bubur adalah cita rasa peninggalan yang lahir dari kebudayaan agraris orang Indonesia. Bahan utama berupa beras atau tepung yang banyak dihasilkan dari tanah Indonesia.

Dalam perjalanannya, kuliner bubur mengalami perkembangan dan inovasi, baik dari bahan yang digunakan, cara pengolahan dan cara pembuatan bubur itu sendiri.

Pada setiap daerah di Indonesia mempunyai hidangan bubur dengan ciri khas masing-masing, termasuk salah satunya bubur Madura.

Bubur Madura memiliki cita rasa manis dan gurih, berisi campuran beberapa bubur seperti, bubur ketan hitam, bubur sumsum, bubur candil, dan bubur mutiara.

Setelah itu bubur diberi siraman santan dan gula merah cair. Untuk membuat bubur Madura dibutuhkan banyak bahan utama antara lain beras ketan, tepung beras, ubi, dan tepung mutiara. Hal ini dikarenakan bubur Madura terdiri dari perpaduan beberapa bubur.

Menikmati bubur asal Madura

Tepung beras adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat bubur sumsum, salah satu elemen utama bubur Madura.

Sementara bubur candil, terbuat dari campuran tepung beras dan ubi yang sudah direbus. Adonan candil dibentuk bulat dengan ukuran sesuai selera.

Untuk menambah cita rasa manis, biasanya bubur candil dicampur dengan cairan gula merah.

Hal serupa juga dilakukan pada bahan utama beras ketan hitam dan tepung mutiara yang dipadukan jadi bubur ketan hitam dan bubur mutiara. Setelah semua jenis bubur selesai dibuat, lalu disajikan ke dalam satu hidangan, jadilah bubur Madura.

Menikmati Bubur Madura akan makin pas jika dimakan dengan tambahan siraman santan dan gula merah cair.

Bubur Madura banyak dijumpai di berbagai jalanan di pulau Madura dan Surabaya. Bubur yang terdiri dari berbagai macam bubur ini, bisa menjadi sajian sarapan lengkap yang menggugah selera.

Dengan harga yang relatif terjangkau, bubur Madura bisa menjadi alternatif camilan di antara perjalanan Anda mengelilingi kota.

Baca artikel lainnya:

Bubur Pedas Sambas, Rasanya Tidak Pedas!

Gatot Tiwul, Pengganti Nasi Asal Gunung Kidul

Jajanan Pasar Khas Solo dan Yogyakarta, Murah dan Enak

Cari informasi mengenai ragam kuliner di Indonesia yang lainnya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya