Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakultas Pariwisata Bakal Dibangun di Belitung Timur

Kompas.com - 21/10/2019, 18:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan akan membangun fakultas pariwisata di Kabupaten Belitung Timur. Pengembangan fakultas pariwisata akan menginduk ke Universitas Bangka Belitung (UBB).

"Pengembangan pariwisata untuk Belitung Timur, karena agak terbelakang dari kabupaten lain, kami bangun fakultas pariwisata di sana. Sumber daya manusia dari UBB," ujar Erzaldi saat berkunjung ke Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, fakultas pariwisata di Bangka Belitung akan dimulai tahun depan.Tahun ini, lanjutnya, pihak Belitung Timur sudah menyerahkan kawasan untuk dibangun fakultas pariwisata.

Baca juga: Tahun Depan, Pemprov Babel Fokus Kembangkan Infrastruktur Pariwisata

Erzaldi mengaku telah meminta Rektor Universitas Bangka Belitung untuk menjalin kerja sama dengan universitas-universitas yang memiliki jurusan pariwisata. Ia meminta pihak Universitas Bangka Belitung agar optimis untuk mengembangkan fakultas pariwisata.

"Kami sampaikan supaya jalinkan MOU dengan 10 universitas yang terkenal dengan pariwisata seperti Singapura, Swiss, Australia. Apa yang terkait dengan pariwisata, kerjasamakan saja," jelasnya.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Menara Kompas, Jakarta.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Menara Kompas, Jakarta.

Ia menyebutkan mahasiswa-mahasiswa akan datang ke Bangka Belitung untuk belajar. Erzaldi mengatakan akan membangun asrama-asrama untuk mahasiswa.

"Nanti adakan pertukaran belajar. Mereka kan datang sekaligus kunjungan, belajar bahasa, dan wisata tentunya," jelasnya.

Erzaldi mengatakan pembangunan fakultas pariwisata untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia untuk sektor pariwisata. Fakultas pariwisata juga nantinya akan menggerakan perputaran uang melalui kunjungan wisata.

Universitas Bangka Belitung merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berada di Pulau Bangka.  Bangka Belitung sendiri adalah salah satu kabupaten kepulauan di Indonesia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com