Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Es Doger Masuk Mal dan Dikemas dengan Modern

Kompas.com - 22/10/2019, 13:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minuman asal Jawa Barat, es doger selama ini lebih mudah ditemui di penjual keliling atau kaki lima ketimbang di mal.

Gerai minuman Goola yang dirintis oleh Gibran Rakabuming dan Kevin Santoso terbilang mendobrak stigma kaki lima es doger.

Mereka memboyong minuman berwarna merah muda ini untuk dijual di mal dan dikemas dengan modern.

"Untuk minuman seperti es doger atau es cincau bisa dengan mudah ditemui di jalan, tetapi tidak ada standar rasanya. Kita ingin membawa minuman yang ditemui di jalan ini menjadi local pride (kebanggaan lokal) dan global ambition (ambisi global)," kata CEO Goola Kevin Susanto di acara peluncuran outlet Goola x Mangkok Ku di Mal Kota Kasablanka, Senin (21/10/2019).

Baca juga: Cerita Gibran Rakabuming Populerkan Minuman Tradisional Lewat Produk Goola

Es doger yang dijual di Goola terbilang unik. Komposisinya terdiri dari es serut warna merah muda, tapai, tapai ketan warna hijau, dan parutan kelapa. Tambahan lainnya adalah santan encer untuk menambah rasa gurih pada es doger.

Semua komposisi tersebut selalu ada di es doger yang dijual keliling, rasanya juga terbilang mirip. Perbedaan hanya ada pada rasa gurih dari santan encer yang disiram di bagian atas. 

Perbedaan lainnya, di Goola es doger dikemas dengan lebih modern dan tekstur yang lembut, sehingga semua dapat disedot langsung tanpa perlu disantap dengan sendok.

Es doger di Goola dikemas lebih modern menjadi sebuah minuman yang ringkas.

Selain es doger, Goola juga memboyong es cincau, es ketan hitam, es kacang hijau, es blewah, dan es asam jawa untuk dijual ke mal.

Sampai akhir tahun Goola akan membuka 20 gerai baru di Indonesia dan pada 2020 membuka lebih dari 100 gerai Goola di dalam dan luar negeri. Hal ini seiring peraihan dana sebesar 5 juta dollar AS atau setara Rp 71 milyar dari Venture Capital, Alpa JWC.

"Kita ingin mengajak orang luar negeri untuk mencoba nikmatnya makanan dan minuman Indonesia agar ketika bicara sambal atau es doger punya identitas (Indonesia)," jelas Gibran.

Baca juga: Panas-panas, 5 Minuman Es Asli Indonesia Ini Bikin Segar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com