Share this page

Istana Dalam Loka, Saksi Kejayaan Kesultanan Sumbawa

Kompas.com - 26/Oct/2019 , 17:08 WIB

Istana Dalam Loka, Saksi Kejayaan Kesultanan Sumbawa

KOMPAS.com - Di pusat kota Sumbawa Besar, ada satu destinasi yang syaang untuk dilewatkan. Ialah Istana Dalam Loka.

Di tempat itu, Anda bisa menikmati pesona bangunan megah peninggalan kejayaan kerajaan yang ada di Sumbawa jugamenambah wawasan tentang sejarah kesultanan yang berkuasa di Sumbawa beberapa ratus tahun lalu.

Lokasi Istana Dalam Loka sangat mudah dijangkau begitu kita tiba di Kota Sumbawa besar. Istana Dalam Loka merupakan salah satu bukti sejarah dari kejayaan kesultanan islam yang terdapat di kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pembawa kesejukan dan kebijaksanaan

Istana Dalam Loka merupakan peninggalan dari kerajaan Sumbawa yang dibangun pada 1885. Bangunan istana terbuat dari kayu jati, berbentuk rumah panggung dengan luas istana 904 meter persegi. Istana ini memiliki tiang penyangga sebanyak 99 tiang.

Istana Dalam Loka dibangun menghadap arah selatan karena memiliki makna tersendiri juga.

Berdasarkan hukum arah mata angin, selatan memiliki makna yang dipercaya dapat memberikan suasana sejuk, tenteram, damai, dan nyaman.

Tidak hanya itu, selatan pun bermakna bagi kepemimpinan yaitu menatap pada masa lalu yang bila diartikan pemimpin harus memiliki kebijaksanaan dan kearifan dalam menyikapi masa lalu yang bisa dibawa ke masa kini.

Istana Dalam Loka dibangun untuk menggantikan istana lama pada masa itu terbakar. Istana ini juga menjadi catatan sejarah tentang kesultananan Islam yang berdiri di Sumbawa.

Filosofi adatnya, ‘adat berenti ko syara, syara barenti kokitabullah’. Artinya, semua aturan adat istiadat maupun nilai-nilai dalam sendi kehidupan masyarakat Sumbawa harus bersemangatkan pada syariat Islam.

Makin penasaran akan kemegahan yang ditampilkan oleh istana Dalam Loka? Yuk, kunjungi langsung lokasi wisata satu ini di kota Sumbawa Besar.

Baca artikel lainnya:

Peninggalan Kesultanan Palembang di Museum Sultan Badaruddin II

Aneka Bangunan Bersejarah di Cirebon

Istana Kesultanan Pontianak Menyuguhkan Sejuta Pesona

Siap terpesona dengan budaya dan nilai sejarah dari destinasi yang lainnya di Tanah Air? Cari informaisnya lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya