Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Murah di Bali, Yuk Jajan ke Pasar Senggol

Kompas.com - 28/10/2019, 13:48 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bali memang terkenal dengan keindahan alam dan budaya. Berkunjung ke Pulau Dewata rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan jalanan atau street food yang dijajakan oleh warga lokal.

Baca juga: Bali Masuk 50 Kota Terbaik Dunia untuk Street Food

Untuk mencoba berbagai makanan bercita rasa Bali kamu bisa berkunjung ke Pasar Senggol yang menyediakan aneka makanan kaki lima atau street food khas Bali.

Pasar Senggol biasanya buka pada malam hari layaknya pasar malam dan mudah ditemui di kabupaten atau kecamatan. 

Beberapa Pasar Senggol terkenal di Bali adalah Pasar Senggol Gianyar, Pasar Senggol Kuta, Pasar Senggol Tabanan, Pasar Senggol Kreneng.

Pasar Senggol bukan cuma terkenal dikalangan warga lokal, melainkan juga di kalangan wisatawan.

Baca juga: Melancong ke Gianyar, Yuk Kunjungi Pasar Senggol

Menurut Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Bali, I Nyoman Nuarta, ia sering mambawa rombongan wisatawan ke Pasar Senggol untuk mencicipi makanan khas Bali.

"Biasanya wisatawan Jepang senang berkunjung di pagi hari dan malam hari, kalau di pagi hari kebanyakan melihat suasana pasar untuk foto-foto dan malam hari kebanyakan wisatawan datang ke pasar untuk makan," jelas Nyoman saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/01/2019).

Nyoman sering membawa wisatawan untuk berburu makanan khas Bali di Pasar Kreneng dan Pasar Kuta. Ia juga mengamati makanan yang paling diburu wisatawan saat berkunjung ke Pasar senggol.

"Makanan Bali yang paling disenangi babi guling, untuk jajanan biasanya klepon, pisang goreng dan jagung rebus," katanya.


Selain makanan tersebut Pasar Senggol juga menghadirkan jajanan pasar khas Bali lainnya seperti, pisang rai, giling-giling, batun bedil, lukis, laklak, bubur sumsum, injin, ketan merah dan ketan putih, nasi Jenggo.

Kabar gembira, jaja (jajan) khas Bali yang dijual di Pasar Senggol biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Harga jajanan Bali mulai Rp 2.000. 

Kebanyakan Pasar Senggol buka sejak sore, sekiatr pukul 15.00 sampai 22.00 Wita. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com