Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Street Food Malaysia. Benarkah Mengalahkan Punya Singapura?

Kompas.com - 28/10/2019, 21:05 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Netizen Malaysia sempat meluncurkan komentar pedas setelah hasil survei yang diadakan oleh Majalah CEOWORLD, The World’s 50 Best Cities For Street Food-Obsessed Travellers dirilis beberapa waktu lalu.

Baca juga: Netizen Malaysia Protes, Tidak Masuk Daftar Kota dengan Street Food Terbaik

Kemarahan netizen Malaysia memuncak saat mengetahui bahwa Negeri Jiran tidak masuk ke daftar makanan jalanan terbaik.

Mereka beranggapan bahwa street food Malaysia memiliki keunggulan tersendiri sehingga sangat disayangkan jika tidak masuk dapam daftar The World’s 50 Best Cities For Street Food-Obsessed Travellers.

Bahkan sampai ada netizen Malaysia yang mengklaim makanan jalanan Malaysia lebih baik dari Singapura. 

"Dear @ceoworld, have you heard about Malaysia? We have much better street food than Singapore. (Apakah pernah dengan tentang Malaysia, kami punya makanan jalanan lebih baik dari Singapura)," tulis akun @TheRafey, Rafizal or Rafey.

Sebagai negara multikultural, makanan jalanan Malaysia memang menghadirkan cita rasa khas India, China, dan Melayu. Berikut rekomendasi enam street food atau makanan jalanan di Malaysia yang unik dan memikat hati penikmatnya:


1. Roti Tisue dan Roti Canai

Roti Canai ditemani Teh Tarik di Warung Bunana, Jalan Raya Uluwatu II, Jimbaran, Bali.EKA JUNI ARTAWAN Roti Canai ditemani Teh Tarik di Warung Bunana, Jalan Raya Uluwatu II, Jimbaran, Bali.

Roti Tisue dan Roti Canai merupakan street food Malaysia yang dipengaruhi oleh budaya India. Roti cane (canai) adalah sejenis roti gepeng dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak. BBisa pula dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan.

Baca juga: Nikmatnya Roti Canai di Perbatasan, Silakan Bayar Pakai Rupiah atau Ringgit

Biasanya dihidangkan dengan kare yang berisi daging kambing atau sapi. Sedangkan roti tisue sendiri adalah roti yang sangat tipis dan sangat renyah.

Berbeda dengan roti canai roti tisue berbentuk lingkaran yang disajikan dengan mengerucut dan diatasnya ditaburi dengan macam-macam toping. Keju, coklat, susu kental manis biasanya menjadi pelengkap roti tisue.


2. Nasi Lemak

Seporsi nasi lemak ayam rendang, di kedai Nasi Lemak Gandaria.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Seporsi nasi lemak ayam rendang, di kedai Nasi Lemak Gandaria.

Jika Indonesia punya nasi uduk, maka Malaysia punya nasi lemak. Bentuk dari kedua hidangan ini memang sangat mirip dan dari segi rasa serta penyajiannya sangat mengecohkan mata sehingga susah untuk membedakannya.

Baca juga: Ini Bedanya Nasi Uduk dengan Nasi Lemak

Namun, jika berkunjung ke Negeri Jiran jangan lupa untuk mencicipi hidangan satu ini. Perbedaan nasi lemak dengan nasi uduk terletak di lauk.

Di Malaysia nasi lemak wajib menggunakan lauk dengan bumbu rendang. Bisa rendang ayam, ataupun rendang daging sapi. Selain itu nasi lemak juga dilengkapi dengan sambal teri kacang, dan telur balado.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com