Share this page

Puthu Lanang Malang, Laris Manis Sejak 1935

Kompas.com - 30/Oct/2019 , 18:00 WIB

Puthu Lanang Malang, Laris Manis Sejak 1935

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan kue putu. Camilan manis tradisional campuran kelapa dan tepung ini biasanya dimakan saat pagi hari.

Jangan salah, kue putu juga nikmat jadi teman teh sore hari. Di Kota Malang, ada satu-satunya kios makanan itu yang dibilang legendaris dan masih eksis sampai sekarang. Memakai nama brand Puthu Lanang, didirikan tahun 1935 oleh Soepijah.

Jangan salah, kedai itu sudah laris manis sejak pertama kali dijajakan. Namun, sejak 20 tahun lalu, yang menjajakan kue putu ini adalah Siswojo, anak Soepijah. Tempat jualannya tetap berada di Gang Buntu, Jalan Jaksa Agung Suprapto Malang.

Biasanya, sejak pukul 17.00, pembeli yang pulang kerja, mengantre untuk membeli kue putu ataupun jajanan lainnya seperti lupis, cenil ataupun klepon.

Semua yang dijajak Siswojo sama-sama berbahan kelapa serta tepung. Penyajiannya dilengkapi dengan olesan gula Jawa.

Camilan manis

Puthu Lanang menjadi salah satu kue tradisional terpopuler di Kota Bunga tersebut. Siswojo melayani sendiri pembeli yang datang, dibantu tiga orang karyawannya.

Pengunjung datang bisa melihat sendiri kesibukan Siswojo dan karyawan mulai mencampur tepung beras, parutan kelapa, dan memasukkan gula merah ke dalam adonannya.

Pengunjung rela antre di kedai Puthu Lanang.https://pesona.travel Pengunjung rela antre di kedai Puthu Lanang.

 

Adonan berwarna putih dan hijau, lantas dimasukan ke dalam puluhan tabung bambu, dan ditaruh di atas alat kukus. Selang lima menit kemudian, kue putu sudah matang.

Harga masing-masing kue itu, rata-rata dijual Rp 10.000. Kalau ingin mencicipi semuanya, pilihlah menu campur. Artinya, putu, cenil, lupis dan klepon dibungkus dalam satu daun pisang.

Di musim liburan, atau weekend, pembeli sudah pasti harus berjejal dengan pembeli lain untuk mendapat kue itu.

Dalam sehari, puthu lanang dapat menghabiskan 600 porsi. Brand Puthu Lanang sudah dipatenkan sejak 2003. Tak hanya untuk cemilan, Puthu Lanang juga menerima pesanan tumpeng putu beraneka macam warna dan kue tradisional lain.

Pemesannya, rata-rata dari instansi pemerintah ataupun kalangan swasta, bank ataupun pengusaha.

Jajanan manis ini sekarang menjadi kue tradisional satu-satunya yang masuk dalam daftar makanan yang harus didatangi traveler di Indonesia.

Mencari kios kue tradisional Puthu Lanang tidaklah sulit. Lokasinya berada di sebelah Utara dieler motor Kawasaki. Tempatnya berdempetan dengan studio foto. Paling gampang, cukup melihat banyak mobil atau motor parkir, di situlah kios kue itu berada.

Baca artikel lainnya:

Mengenal Upacara Entas-Entas, Ngaben versi Arek Malang

Sedapnya Suguhan Kuliner Serba Pedas Tangkilsari

Berburu Onde-Onde Wijen Tangkil, yang Renyah Menggugah Selera

https://pesona.travel/keajaiban/5003/berburu-onde-onde-wijen-tangkil-yang-renyah-menggugah-selera

Nikmati camilan khas Indonesia yang lainnya lagi juga rasakan sendiri nikmatnya perjalanan menelusuri destinasi Tanah Air hanya lewat laman Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya