Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Kota Teraman di Dunia 2019, Biar Aman Selama Berwisata

Kompas.com - 05/11/2019, 21:00 WIB
Albert Supargo,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang ingin dipastikan semua calon pelancong adalah aman selama di perjalanan. Tidak ada pelancong yang ingin mengalami hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

Situs wisata luar negeri SmarterTravel membeberkan riset yang berjudul The Economist's Safest Cities Index 2019. Riset ini memuat daftar destinasi favorit wisatawan paling aman di dunia.

Studi dilakukan dengan menganalisa 60 kota dengan 49 indikator terpisah. Idikator meliputi keamanan digital, keamanan kesehatan, keamanan infrastruktur, dan keamanan pribadi.

Setiap kota diurutkan dan diberi peringkat berdasarkan keempat indikator tersebut, ditambah dengan ketentuan keamanan umum dan dijumlahkan skor keseluruhannya.

Keamanan pribadi berkaitan dengan kasus yang dialami wisatawan. Kasus-kasus seperti, penipuan, pemerasan, pencurian, kekerasan fisik, kekerasan seksual, dan tekanan sosial dikategorikan dalam keamanan pribadi.

Riset tersebut membawa beberapa kota menduduki peringkat teratas. Riset ini juga mempertimbangkan tingkat keamanaan pada wisatawan.

Untuk keamanaan pribadi, daftar 10 kota teraman paling atas adalah Singapura, Kopenhagen, Hong Kong, Tokyo, Wellington, Stockholm, Osaka, Toronto, Amsterdam, dan Sydney.

Sementara, kota Amerika Serikat paling aman adalah Washington, Chicago, Dallas, San Francisco, New York, dan Los Angeles.

Berikut 20 kota teraman di dunia menurut Economist's Safest Cities Index 2019 :

 

Kota Teraman Dunia

1. Tokyo, Jepang

2.  Singapura, Singapura

3.  Osaka, Jepang

4.  Amsterdam, Belanda

5. Sydney, Australia

6. Toronto, Kanada

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com