Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rute Baru Kereta Api dari Jakarta dan Jadwal Keberangkatannya

Kompas.com - 06/11/2019, 21:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Musim liburan sebentar lagi akan tiba, banyak orang yang berlibur menggunakan beberapa sarana transportasi seperti pesawat, kereta api, kapal, dan kendaraan pribadi.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan beberapa relasi baru dari Daerah Operasi Kereta Api Indonesia (DAOP) 1 Jakarta.

Wisatawan yang hendak bepergian menggunakan kereta api dari Jakarta kini tak perlu bingung mencari kereta sesuai tujuan liburan. PT KAI telah memperpanjang relasi baru guna memudahkan mobilitas liburan wisatawan.

Menurut VP Public Relations PT KAI , Edy Kuswoyo mengatakan salah satu relasi baru dari Jakarta adalah KA Malabar yang dulunya hanya melayani relasi Bandung – Malang, kini melayani relasi sampai Jakarta (pp).

“Kereta yang melayani relasi baru itu ada Argo Wilis, Turangga, Mutiara Selatan, Malabar, Dharmawangsa Ekspres, Anjasmoro Ekspres, dan Fajar Utama Solo,” kata Edy ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (6/11/2019).

Baca juga: Perbedaan dan Informasi tentang Kelas dan Sub Kelas di Kereta Api PT KAI

Bagi kamu yang ingin liburan menggunakan kereta api, berikut Kompas.com rangkum relasi baru kereta api yang bisa kamu naiki dari Jakarta:

1. Argo Wilis relasi Gambir – Bandung – Surabaya Gubeng. Jadwal berangkat pukul 05.00 WIB, kereta api ini terdiri dari rangkaian eksekutif, dan total 400 tempat duduk.

2. Turangga relasi Gambir – Bandung – Surabaya Gubeng. Jadwal berangkat pukul 14.00 WIB, terdiri dari rangkaian eksekutif, dan total 400 tempat duduk.

3. Mutiara Selatan relasi Gambir – Bandung – Surabaya Gubeng – Malang. Jadwal berangkat pukul 17.10 WIB, terdiri dari rangkaian campuran eksekutif dan ekonomi. Kereta api ini memiliki total 520 tempat duduk.

4. Malabar relasi Pasar Senen – Bandung – Malang. Jadwal berangkat pukul 16.10 WIB, terdiri dari rangkaian campuran eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Kereta ini memiliki total 540 tempat duduk.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Kereta Api Prioritas dan Sleeper

5. Dharmawangsa Ekspres relasi Pasar Senen – Surabaya Pasarturi. Jadwal berangkat pukul 08.25 WIB, terdiri dari rangkaian campuran eksekutif dan ekonomi. Kereta ini memiliki total 786 tempat duduk.

6. Anjasmoro Ekspres relasi Pasar Senen – Jombang. Jadwal berangkat pukul 05.25 WIB, terdiri dari rangkaian campuran eksekutif dan ekonomi. Kereta ini memiliki total 576 tempat duduk.

7. Fajar Utama Solo relasi Pasar Senen – Solo. Jadwal berangkat pukul 05.50 WIB, terdiri dari rangkaian campuran eksekutif dan ekonomi. Kereta ini memiliki total 520 tempat duduk.

Sebelumnya, PT KAI mengubah jadwal keberangkatan beberapa perjalanan kereta api mulai dari tanggal 1 Desember 2019. Perubahan ini terjadi karena penggunaan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019.

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmono, dikutip dari siaran pers KAI, Kamis (31/10/2019).              

Edi juga menuturkan, penggunaan Gapeka 2019 akan memengaruhi penggunaan jadwal perjalanan kereta api, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi kereta, dan kehadiran kereta api baru atau rute baru.

Baca juga: 7 Stasiun Kereta Jaringan Kota Terindah di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com