Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Gelato Lebih Banyak Varian Rasa ketimbang Es Krim?

Kompas.com - 16/11/2019, 12:00 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kudapan manis asal Italia, gelato, memang dikenal sebagai satu makanan manis yang dapat dikreasikan menjadi berbagai varian rasa.

Jika varian rasa gelato ada banyak, lain halnya dengan es krim. Rasa es krim terbilang mirip dari zaman dulu sampai sekarang, mengapa begitu? 

Baca juga: Pesan Es Krim? Ini Bedanya Es Krim, Gelato, dan Sorbet

"Sebenarnya es krim dan gelato sama-sama bisa dibuat dengan rasa yang variatif, tapi kenapa kalau gelato lebih intens karena gelato mengandung krim sedikit," jelas koki Ragil Imam Wibowo saat ditemui di Gelato Class di SIAL Interfood 2019 di JIExpo, Jumat (15/11/2019).

Ragil mengatakan, pemakaian krim dengan jumlah sedikit pada gelato membuat rasa dari bahan tambahan dapat keluar atau mendominasi. 

"Tapi, kalau es krim karena kandungan krimnya begitu berasa, jadi jika ingin menonjolkan satu rasa, harus ditambah agar rasanya lebih intens," lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa es krim mengandung banyak udara di dalamnya. Hal tersebut dapat menghambat rasa yang ingin ditonjolkan agar terasa kuat.

Gelato tempe gorengKompas.com / Gabriella Wijaya Gelato tempe goreng

"Sedangkan gelato udaranya sedikit, krimnya juga lebih sedikit. Jadi rasa yang didapat juga lebih enak," paparnya.

Baca juga: Gelato Rasa Bandrek hingga Nasi Uduk Pandan di SIAL Interfood 2017

Sebagai pembanding, Ragil menjelaskan, pada gelato jumlah krim mencapai 30-50 persen. Pada es krim, jumlah krim mencapai 80-100 persen. 

"Es kirim memang lebih banyak mengandung krim karena fungsinya untuk membuat volume es krim membesar dan mengambang dari ukuran sebenarnya," jelas Ragil.

Jika ingin membuat rasa es krim yang lebih kuat dan variatif, Ragil menyarankan memasukkan lebih bayak bahan perasa seperti buah-buahan. Hal ini untuk membuat rasa bahan tidak kalah dari krim dan udara.

Baca juga: Seluk Beluk Merintis Bisnis Gelato, Sebulan Bisa Untung Rp 60 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com