Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Green Tea dan Matcha Itu Berbeda, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/11/2019, 07:15 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKRTA, KOMPAS.com - Matcha dan green tea sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta teh. Minuman teh ini sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk minuman kekinian seperti green tea latte atau matcha cheese tea.

Namun banyak orang cenderung menyamakan matcha dan green tea, padahal keduanya berbeda. 

Baca juga: Ini Bedanya Teh Hijau Indonesia, Jepang, dan Inggris

Pakar teh, Ratna Somantri menjelaskan dan memaparkan perbedaan dari kedua jenis teh ini. Ia mengatakan ketika membedakannya, orang-orang harus melihat, mencium dan merasakan bubuk matcha dan green tea.

"Orang harus lihat dan coba baru tau. Matcha itu adalah teh hijau dari Jepang yang memang mengalami proses yang khusus, proses yang khusus itu yang pertama dari tanamannya sendiri harus ditutupi dari matahari supaya klorofilnya tinggi, asam aminonya tinggi sehingga menghasilkan warna hijau yang cerah." jelas Ratna di di SIAL Interfood 2019 di JIEXPO, Sabtu (16/11/2019).

Matcha menurut Ratna juga memiliki rasa yang khas, yakni rasa creamy yang berasal dari tehnya. Proses pengolahan matcha juga spesial, menggunakan daun dari teh hijau yang sudah melalui proses khusus agar menghasilkan bubuk matcha

Berbeda dengan matcha, green tea menggunakan tulang dari tanaman teh hijau.

"Sementara green tea powder itu merupakan green tea yang tidak mengalami proses seperti matcha tetapi hanya dihaluskan. Warnanya akan lebih kuning kecoklatan, kalau matcha hijau." jelas Ratna.

Rasa green tea menurut Ratna juga lebih sepet dan aromanya akan lebih greasy (tebal dan sedikit berminyak), lebih (berbau) seperti daun atau rumput. 

Baca juga: Ini Dia Toko Serba Matcha di Tokyo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com