Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Oleh-oleh Khas Belitung yang Dijamin Awet Disimpan

Kompas.com - 22/11/2019, 09:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Belitung memang terkenal sebagai pulau yang memiliki keanekaragaman hayati mulai dari pemandangan alamnya, hingga flora dan faunanya.

Pualu ini juga terkenal dengan makanan yang lezat. Tak lengkap rasanya bila tak membawa oleh-oleh makanan khas daerah yang masuk dalam Provinsi Bangka Belitung ini.

Kompas.com ketika hendak pulang dari Beling, mampir sejenak untuk membeli buah tangan  di Toko Oleh-oleh Klapa Belitung, Jalan Air Saga Nomor 89, Air Saga, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Sebelum membeli oleh-oleh, kami bertanya ke pemandu wisata yang juga warga lokal Belitung, Eksa, untuk memilih makanan apa saja yang akan wajib dibeli.

Menurut Eksa, makanan oleh-oleh di Belitung dibagi menjadi dua kategori, yaitu oleh-oleh basah dan oleh-oleh kering. Berikut rekomendasi oleh-oleh Belitung yang terdiri dari oleh-oleh kering, dijamin awet untuk dibawa ke luar kota:

Baca juga: Penggemar Laskar Pelangi, Jangan Lewatkan Museum Kata Saat ke Belitung

1. Lada Putih

Lada putih menjadi oleh-oleh kering nomor satu di Belitung. Hal ini dikarenakan faktor bahwa Belitung merupakan pengekspor lada putih terbesar nasional. Selain itu, Belitung juga dikenal sebagai daerah dengan penghasil lada putih terbaik.

"Banyak sekali kebun lada putih di sini," kata Eksa.

Maka dari itu, kamu bisa membawa oleh-oleh kering berupa lada putih untuk dimanfaatkan sebagai bumbu dapurmu ketika memasak.

Terasi atau belacan khas Belitung. Terasi menjadi makanan nomor dua yang harus dibawa pulang wisatawan ketika ke Belitung. Rasa khas udang rebon akan nikmat apabila dijadikan sebagai sambal terasi.Nicholas Ryan Aditya Terasi atau belacan khas Belitung. Terasi menjadi makanan nomor dua yang harus dibawa pulang wisatawan ketika ke Belitung. Rasa khas udang rebon akan nikmat apabila dijadikan sebagai sambal terasi.

2. Terasi atau belacan

Terasi memiliki keistimewaan sendiri di Belitung. Pulau Belitung yang dikeliling lautan membuatnya mampu menghasilkan terasi dengan kualitas wahid.

Bumbu masak yang memiliki nama lain belacan ini dibuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan.

Provinsi Bangka Belitung terkenal dengan penghasil belacan seperti Toboali, Bangka Selatan. Sedangkan di Belitung, industri rumahan yang mengolah belacan ada di Desa Sijuk.

Baca juga: Ini Bedanya Terasi Malaysia dengan Terasi Indonesia...

 

Belacan olahan Sijuk ini diolah langsung dari udang rebon segar hasil tangkapan nelayan sekitar.

Terasi atau belacan khas Belitung ini biasa digunakan sebagai bumbu beragam jenis makanan. Paling terkenal adalah sambal belacan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com