Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2019, 11:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Belitung dikenal memiliki dua kategori oleh-oleh yang bisa dibeli wisatawan yaitu oleh-oleh kering dan basah. Salah satu oleh-oleh basah yang wajib dibawa pulang adalah makanannya.

Kompas.com telah merangkum 6 oleh-oleh basah yang dapat kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut 6 oleh-oleh berupa makanan basah khas Belitung:

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Belitung yang Dijamin Awet

1. Sirup Jeruk Kunci

Jeruk Kunci menjadi pilihan utama yang bisa kamu bawa pulang ketika ke Belitung. Hal ini karena Bangka-Belitung terkenal sebagai daerah penghasil jeruk kunci berkualitas baik. 

Minuman khas Belitung ini berasal dari perasan air jeruk kunci, dan sedikit tambahan gula. Sedangkan jeruk kuncinya sendiri berukuran kecil, tisak sampai seukuran bola pingpong.

Jeruk ini memiliki rasa yang asam dan manis, namun segar. Jeruk ini juga digunakan untuk membuat campuran sambal.

Satu botol sirup jeruk kunci dijual dengan harga Rp 35.000 di toko oleh-oleh Klapa, Belitung.

Ketam isi, salah satu makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Belitung. Ketam isi berupa kepiting yang isinya dikeluarkan lalu diolah dan dimasukkan kembali dalam cangkan, kemudian digoreng dan dapat disantap bersama cangkangnya.Bangkapos Ketam isi, salah satu makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Belitung. Ketam isi berupa kepiting yang isinya dikeluarkan lalu diolah dan dimasukkan kembali dalam cangkan, kemudian digoreng dan dapat disantap bersama cangkangnya.

2. Ketam Isi atau Kepiting Isi

Makanan ini berbahan dasar kepiting yang isinya dikeluarkan dari cangkang, lalu dicampur terpung dan bumbu, dan dimasukkan kembali ke cangkang. Setelah itu digoreng dan dapat disantap pula bersama cangkang-cangkangnya.

Makanan ini terhitung makanan yang awet karena dapat bertahan hingga tiga hari jika di luar lemari pendingin. Sedangkan apabila di dalam lemari pendingin dapat bertahan hingga satu bulan.

Kisaran harganya, untuk satuan box yang berisi 10 Rp 100.000, sementara untuk isi 20 dihargai Rp 200.000.

Pempek Belitung, salah satu makanan oleh-oleh basah khas Belitung. Berbeda dengan pempek Palembang, pempek Belitung terbuat dari ikan laut seperti tenggiri dan parang-parang.Nicholas Ryan Aditya Pempek Belitung, salah satu makanan oleh-oleh basah khas Belitung. Berbeda dengan pempek Palembang, pempek Belitung terbuat dari ikan laut seperti tenggiri dan parang-parang.

3. Pempek

Pempek Belitung memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan pempek Palembang. Bedanya, kalau di Palembang mereka menggunakan ikan yang hidup di air tawar, sedangkan pempek Belitung menggunakan ikan air laut.

Untuk kuahnya pun berbeda, pempek palembang terkenal disantap dengan cuko. Sedangkan di Belitung pempek disantap dengan sambal tauco atau sambal jeruk kunci. Pempek di Belitung umumnya juga tidak digoreng seperti pempek palembang.

"Ikan yang dipakai itu biasanya ikan tenggiri sama parang-parang," kata pemandu wisata, Eksa.

Pempek belitung dihargai sekitar Rp 150.000 per box yang berisi 15 buah.

Baca juga: Mencicip Kopi Hitam Tanpa Ampas Khas Kedai Kong Djie di Belitung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com