Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balkondes, Tempat Menginap Dekat Borobudur Harga Mulai Rp 275.000

Kompas.com - 24/11/2019, 19:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


MAGELANG, KOMPAS.com - Wisatawan yang pergi ke Candi Borobudur tak perlu susah mencari penginapan.

Sejak tahun 2017 telah terdapat 20 desa yang mendirikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dan menawarkan penginapan bernuansa pedesaan.

Baca juga: Borobudur Marathon Digelar Besok, Non Pelari Tetap Bisa Nikmati Hiburan

Balkondes ini merupakan proyek kerjasama desa dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pengembangan tiga destinasi wisata Indonesia seperti Danau Toba, Borobudur dan Mandalika.

Kompas.com berkunjung ke dua balkondes yang ada di Kecamatan Borobudur: yaitu Balkondes Majaksingi dan Balkondes Giritengah pada Rabu (13/11/2019) dan Kamis (14/11/2019).

Balkondes Majaksingi

Balkondes Majaksingi tawarkan akses restoran, taman, dan resepsionis yang siaga 24 jam penuh. Selain itu mereka juga tawarkan akses ke balkon, tempat parkir pribadi gratis, dan jaringan internet Wi-Fi.Nicholas Ryan Aditya Balkondes Majaksingi tawarkan akses restoran, taman, dan resepsionis yang siaga 24 jam penuh. Selain itu mereka juga tawarkan akses ke balkon, tempat parkir pribadi gratis, dan jaringan internet Wi-Fi.
Balkondes yang terletak sekitar 3,9 kilometer dari Candi Borobudur ini menyediakan beragam akomodasi seperti akses restoran, taman, dan resepsionis yang siaga 24 jam penuh. Selain itu, mereka juga menawarkan akses ke balkon, tempat parkir pribadi gratis, dan jaringan internet Wi-Fi.

Menurut Supervisor Balkondes Majaksingi, Aan Hermawan (42), balkondes di desanya merupakan tempat yang sejuk dan cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan nuansa pedesaan.

Baca juga: Kisah Cinta yang Tak Terekspos di Relief Candi Borobudur

"Kami menawarkan homestay yang privasi, makanan desa, spa dan pijat, kopi asli Desa Majaksingi (kopi Borobudur) yang mana seluruh balkondes juga menggunakan," kata Aan kepada Kompas.com, Rabu (13/11/2019).

Tak hanya itu, Aan mengatakan desanya juga menawarkan paket wisata berkeliling desa dengan mobil jeep. Paket wisata ini bernama Jeep Adventure Parang Menoreh.

Lanjut Aan, paket wisata jeep itu mulai diminati wisatawan. Terdapat lima paket trip yaitu short trip, medium trip, long trip, sunrise trip, dan extreme and optional trip.

Balkondes Majaksingi, terdapat beberapa joglo yang bisa digunakan untuk rapat, makan, dan aktivitas lainnya dengan nuansa pedesaan yang masih asri dan tenang.Nicholas Ryan Aditya Balkondes Majaksingi, terdapat beberapa joglo yang bisa digunakan untuk rapat, makan, dan aktivitas lainnya dengan nuansa pedesaan yang masih asri dan tenang.
Harga paket trip tersebut berbeda, untuk short trip, misalnya, berkunjung ke industri rumahan, pottery village, dan berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur atau Pegunungan Menoreh dihargai Rp 275.000 hingga Rp 350.000.

Medium trip dengan paket tambahan kunjungan ke Tofu and Batik Home Industries dihargai Rp 350.000 hingga Rp 450.000. Long Trip dengan tambahan kunjungan ke Local Coffee dan menikmati sunset di Bukit Menoreh dihargai Rp 450.000 hingga Rp 600.000.

Sementara paket Sunrise Trip dengan menikmati matahari terbit di Punthuk Setumbu, Gereja Ayam dan trip ke desa sekitar Borobudur dihargai Rp 450.000 hingga Rp 600.000.

Baca juga: Wisata Baru di Candi Borobudur

Terakhir Extreme and Optional Trip dengan melewati Sungai Tangsi, menjelajahi hutan pinus, berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi, Gunung Merbabu, atau Menoreh, dan diakhiri dengan menikmati sunset di Bukit Setuko atau Bukit Kertojoyo.

Balkondes Majaksingi diakui Aan mulai dikenal wisatawan. Mereka banyak yang berkunjung dan menginap ketika libur akhir pekan dan ketika liburan panjang.

"Mereka biasa menggunakan balkondes ini untuk rapat, wedding, makan, menginap, ya pokoknya main-main aja," ujarnya.

Baca juga: Tips Memotret Candi Borobudur dari Jarak 5.000 Meter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com