Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pesan Tiket Kereta Api Via Online dan Offline

Kompas.com - 24/11/2019, 20:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Berlibur menggunakan moda transportasi kereta api bisa menjadi pilihan bagi wisatawan khususnya untul libur Natal dan Tahun Baru.

Bagi kamu yang belum pernah membeli tiket kereta api, jangan bingung. Sebab ada banyak cara untuk membeli tiket kereta api.

Menurut Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika pesan tiket kereta api.

PT KAI bekerja sama dengan berbagai kanal penjualan. Namun ada keuntungan tersendiri ketika membeli tiket lewat aplikasi KAI Access.

Baca juga: 8 Langkah Beli Tiket Kereta Api Lewat KAI Access

"Untuk pemesanan tiket kereta online bisa melalui KAI Access atau ke beberapa tempat penjualan tiket online yang sudah bekerjasama dengan PT KAI," kata Eva ketika ditemui Kompas.com di kantornya Daop 1 Jakarta, Rabu (20/11/2019).

"Disarankan melalui KAI Access karena dapat dilakukan pembatalan apabila dikhawatirkan tidak jadi ataupun membatalkan perjalanan,” lanjutnya.

Eva memberikan dua tips membeli tiket kereta api melalui online maupun offline:

Cara beli tiket kereta api online

Kereta Api Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung (pp) siap diberangkatkan dari Jalur 1 Stasiun Gambir, Jumat (22/11/2019).Nicholas Ryan Aditya Kereta Api Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung (pp) siap diberangkatkan dari Jalur 1 Stasiun Gambir, Jumat (22/11/2019).
1. Transaksi pembelian tiket lewat KAI Access

Eva menyarankan, bagi para pengguna jasa baru, agar membeli tiket lewat KAI Access. Ia mengatakan pengguna jasa bisa juga melakukan pembatalan apabila dikhawatirkan tidak jadi menggunakan kereta api.

Cara mengakses KAI Access yaitu dengan mengunduh terlebih dulu aplikasi KAI Access di Google Play atau App Store di ponsel pintar. Kemudian, daftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Melalui KAI Access

Kamu bisa mendaftarkan diri dengan nomor telepon yang masih aktif. Sebagai identitas, kamu siapkan e-KTP dan cantumkan pada tahapan daftar akun.

2. Transaksi pembelian tiket lewat halaman resmi KAI

Kamu bisa membeli tiket kereta api secara online lewat situs resmi PT KAI di kai.id. Saat masuk ke situs, di sebelah kiri terdapat menu pemesanan tiket.

Atur pemesanan tiket mulai dari stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, hingga jumlah penumpang.

Baca juga: Tiket Kereta Api Natal dan Tahun Baru Bisa Dipesan Mulai 19 November

Kemudian, klik pesan dan cari kereta. Lalu kamu bisa memilih kereta dengan harga yang tertera.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com