Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Isi, Nasi, dan Kulit Sushi Sendiri di Restoran Jepang Plaza Indonesia Ini

Kompas.com - 26/11/2019, 11:00 WIB
Albert Supargo,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

 

JAKARTA,Kompas.com - Sushi menjadi salah satu makanan Jepang yang digemari di Indonesia. Tak heran, begitu mudah menemui restoran sushi di setiap pusat perbelanjaan.

Sushi yang dijualpun bervariatif. Kamu bisa memilih berbagai macam sushi dengan perpaduan dan bahan baku yang berbeda-beda. Namun, pernakah terlintas dipikiranmu untuk meng-custom atau memilih sendiri  isi sushimu ?

Bila kamu berencana berkreasi dengan sushimu, kamu bisa menggunjungi gerai sushi Maki-San, Plaza Indonesia.

Restoran Jepang ini mengusung tema yang berbeda dengan restoran Jepan pada umumnya, Maki-san membebaskan pengunjungnya untuk membuat sendiri sushi. Bukan cuman sushi, gerai ini juga menjual salad yang bisa kamu pilih sendiri isinya.

Maki Sushi merupakan gerai sushi asal Singapura usungan Alvin Wong dan Cydric Chung. Mereka membuka gerai sushi dan salad DIY (Do-It-Yourself) ini setelah menonton salah satu episode TV Amerika Serikat.

Baca juga: Tak Cuma Ramen dan Sushi, Ini 7 Makanan Khas Jepang Wajib Santap

Alvin Wong (kiri) dan Cydric Chung (kanan) sebagai Director/Partner Maki-San, saat ditemui di Grand Opening gerai pertama Maki-San Indonesia
MAKI-SAN Alvin Wong (kiri) dan Cydric Chung (kanan) sebagai Director/Partner Maki-San, saat ditemui di Grand Opening gerai pertama Maki-San Indonesia

“Episode TV ini membicarakan tentang sushi yang dapat dibuat sesuai keinginan. Setelah meriset, kami menemukan bahwa belum pernah ada restoran sushi yang dapat membuat pesanan sesuai keinginan pengunjung,” ujar Alvin Wong sebagai director/partner  Maki-San, saat ditemui di Mal Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (16/11/2019).

Alhasil, terciptalah gerai Maki-San pertama pada tahun 2012 di The Cathay, Singapura.

Sampai sekarang, Maki-San sudah membuka 20 gerai yang tersebar di Singapura. Setelah sukses di Singapura, Maki-San mulai merambah pasar Asia Tenggara dengan membuka gerai pertamanya di Indonesia.

Pembuatan sushi di Maki-SanKOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO Pembuatan sushi di Maki-San

“Kami selalu ingin melakukan ekspansi di Asia Tenggara dan Indonesia merupakan salah satu target pasar yang potensial untuk Maki-San. Kami berharap bahwa Maki-San dapat diterima dengan baik oleh para penikmat sushi dan salad di Jakarta,” ujar Alvin Wong.

Untuk pilihan topping, Maki-San menyediakan hingga 100 produk segar setiap harinya, pelanggan dimanjakan untuk membuat sushi dan salad sendiri dengan berbagai rasa saus yang tersedia.

Tidak hanya isian sushi pada umumnya, Maki-San juga menghadirkan topping yang dekat dengan lidah lokal, seperti rendang.

Pemilihan isi sushi dan salad DIY bisa dilakukan pembeli di panel yang tersedia di Maki-San. Pembeli bisa memilih mulai dari ukuran sushi, jenis nasi, isi sushi, sampai taburan dan saus yang akan digunakan.

Baca juga: Makan Sushi di Jepang? Catat Panduan Lengkap Ini...

Proses pemesanan sushi dan salad DIY di Maki-SanKOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO Proses pemesanan sushi dan salad DIY di Maki-San

Kompas.com mencoba untuk membuat sushi DIY. Pertama-tama kamu harus memilih ukuran sushi. Ada dua pilihan, yakni Little-San dan Mega-San.

Setelah ukuran, kamu akan dihadapkan dengan pilihan nasi. Kamu bisa milih nasi putih biasa atau nasi merah. Kamu juga bisa memilih lilitan sushi dengan nori (rumput laut Jepang) atau lilitan spesial yang terbuat dari kacang kedelai.

Selanjutnya, kamu harus memilih isiian dari sushimu. Untuk kamu yang membeli ukuran Little-San, kamu bisa memilih tiga sampai lima isian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com