Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Barang Saat Traveling Naik Kereta Api

Kompas.com - 26/11/2019, 18:00 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga barang bawaan saat traveling naik kereta api adalah hal wajib. Sebab, tak jarang penumpang lengah, sehingga barang bawaanya hilang.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengimbau pengguna jasa kereta api agar tidak meninggalkan barang-barang yang dibawa, meski sudah di atas kabin.

"Kita gak pernah tahu ada oknum pencuri atau tidak, maka dari itu sebaiknya barang jangan ditinggal-tinggal," kata Eva kepada Kompas.com, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Online dan Offline

Berikut tips menjaga barang bawaan agar aman saat traveling naik kereta api dari pengguna jasa sekaligus pencinta KA, Muni Edi S Riyadi.

1. Simpan barang di bagasi yang tersedia

Ketika masuk ke dalam kereta sesuai nomor tempat duduk yang ada, taruhlah barang di atas kabin atau bagasi yang tersedia.

Hal ini penting agar tidak mengganggu penumpang lainnya.

Sebab, jika barang diletakkan di bawah tempat duduk, khususnya untuk kereta ekonomi, maka akan mengganggu gerak kaki penumpang di hadapanmu.

Baca juga: Cara Boarding di Stasiun Kereta Api

2. Taruh barang jangan terlalu jauh dari posisi duduk

Pemudik menata barang bawaannya di dalam kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). Warga pendatang di Jakarta mulai mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api ke sejumlah kota tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik menata barang bawaannya di dalam kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). Warga pendatang di Jakarta mulai mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api ke sejumlah kota tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Tips lainnya adalah menaruh barang dengan cara jangan terlalu jauh dari nomor tempat duduk.

Hal ini perlu karena apabila barang terlalu jauh dari pandangan, bukan tidak mungkin barang akan hilang.

Baca juga: Ini Kisaran Tarif Porter di Stasiun Kereta Api

Pastikan selalu agar barang dapat dipandang dengan baik oleh mata kita. Bila barang itu berharga, usahakan selalu dekat-dekat dengan kita.

"Bisa dimasukkan tas tangan atau tas jinjing, ransel dan dapat ditempatkan di sebelah kaki kita," kata Muni ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/11/2019).

3. Jangan pernah meninggalkan barang berharga di tempat duduk

Hal lain yang kerap terlupa oleh pengguna jasa KA adalah meninggalkan barang berharga ketika pergi ke toilet atau restorasi (kereta makan).

Baca juga: 8 Langkah Beli Tiket Kereta Api Lewat KAI Access

Menurut Muni, pengguna jasa perlu untuk memerhatikan dan membawa ke mana pun barang berharga, meski sedang di toilet atau kereta makan sekalipun.

"Jangan tinggalkan barang di tempat duduk pas kita mau pergi ke toilet atau mau makan di kereta makan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com