Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2019, 10:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

PULAU PENYENGAT, KOMPAS.com - Pagi itu matahari baru saja terlihat, tetapi saya sudah berada dalam kapal pompong.

Ini adalah sejenis kapal kecil dari kayu bertenaga motor yang membawa saya menyeberangi lautan dari dermaga Tanjung Pinang menuju dermaga Pulau Penyengat.

Hanya dengan membayar tiket Rp 7.000, dalam sekitar 20 menit pun sampai ke dermaga Pulau Penyengat.

Tak perlu jauh berjalan dari dermaga, mulai terlihat jejeran warung makan sederhana dengan deretan meja dan kursi di dalamnya. Saya pun masuk ke dalam salah satu warung bernama warung Pak Mukhali.

Baca juga: 8 Paket Wisata Pulau Penyengat, Dari Tur Masjid Sampai Kelas Memasak

Di atas salah satu meja sudah terlihat beberapa piring yang berisikan bermacam-macam penganan.

Makanan pertama yang menarik perhatian saya adalah makanan bernama kue badak. Bentuknya lonjong berwarna kecoklatan.

Bahan dari kue badak ini adalah adonan singkong yang isinya berupa abon pedas dari ikan. Sekilas rasanya mirip combro, tapi lebih gurih.

Baca juga: Wisata Tanjung Pinang, Uniknya Vihara 1.000 Patung yang Dipahat Langsung dari China

Setelahnya, Raja Farul, pemandu wisata kami, menawarkan dua bungkusan daun pisang yang katanya berisi makanan bernama nasi dagang dan nasi melaka. Menurut dia, ini adalah makanan khas Melayu yang wajib kami coba.

“Nasi dagang ini isinya nasi dengan halba atau santan. Dikasih lauk ikan sarai atau ikan limbat yang sudah diasap. Kalau nasi melaka sama saja, hanya beda ikannya digoreng biasa, tidak diasap,” jelas Raja Farul.

Rasa nasi dagang dan nasi melaka layaknya nasi uduk, hanya lauk ikan di dalamnya terasa melengkapi gurihnya nasi santan. Nasi dagang terasa lebih nikmat karena adanya ikan sarai yang memberikan sensasi rasa asap.

Kue Putri Salat, kue badak, dan kaliparat yang tersaji di warung Pak Mukhali di dekat dermaga Pulau Penyengat Kue Putri Salat, kue badak, dan kaliparat yang tersaji di warung Pak Mukhali di dekat dermaga Pulau Penyengat

“Namanya nasi dagang karena banyak pedagang yang lewat jalur dagang ke sini. Mereka yang keluar dari sini lalu bawa bekal nasi dagang ini,” jelas Nur Fatilla, salah satu penerjemah dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Penyengat.

Untuk melengkapi menu sarapan pagi itu, paling nikmat ditemani dengan teh tawar panas atau yang lebih dikenal sebagai teh kosong.

Teh di Tanjung Pinang dan sekitarnya biasanya menggunakan teh Prendjak, merek lokal yang memiliki wangi unik menyegarkan. Rasanya sendiri berbeda dari teh lainnya.

Selain teh kosong, sarapan kali ini juga nikmat jika ditemani dengan teh 'O' atau teh manis panas. Di sini, tiap jenis teh memang memiliki nama yang unik.

Teh 'O' untuk teh manis panas, teh Obeng untuk es teh manis, dan teh kosong untuk teh tawar panas.

Baca juga: 5 Destinasi Unggulan di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau

Menikmati dua jenis makanan tersebut plus teh kosong ternyata cukup membuat perut saya mulai penuh.

Namun, penampakan kue bulat kecil berwarna hijau mulai membuat penasaran. Namanya kue putri salat, terdiri dari dua lapisan. Lapisan bawah adalah ketan dan di atasnya puding pandan.

Rasa kue putri salat ini begitu nikmat dan berbeda. Lapisan bawah putri salat terasa kenyal, berpadu sempurna dengan lapisan puding pandan di atasnya yang sangat lembut dan wangi. Lebih nikmatnya lagi, kue ini punya rasa manis yang pas sehingga cocok dimakan dengan porsi yang banyak.

“Dinamakan kue putri salat karena konon katanya saat membuat kue ini, pembuatnya melihat seorang putri yang sedang salat. Makanya namanya putri salat,” jelas Nur Fatilla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com