Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan di Jakarta, Saatnya Mencicipi Kuliner Papua

Kompas.com - 05/12/2019, 19:24 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Kebudayaan mengadakan pameran Ragam Budaya Papua yang digelar di Plaza Sarinah, Jakarta.

Pameran yang telah digelar sejak 18 November lalu akan terus berlangsung hingga 18 Desember 2019 mendatang.

Salah satu rangkaian acara dari pameran ini adalah loka karya kuliner khas Papua yang digelar pada Kamis (5/12/2019). Selain loka karya, acara ini juga mengundang anak-anak sekolah dari SMK jurusan tata boga yang ada di Jakarta.

Baca juga: Icip-icip Makanan Khas Papua, Keladi Tumbuk

“Kami ingin mensosialisasikan budaya Papua. Acara ini diadakan supaya orang tahu bahwa Papua juga punya banyak kekayaan budaya terutama di bidang kuliner. Mengundang anak SMK jurusan tata boga agar mereka dapat ilmu baru dan bisa menyebarkan kesukaan terhadap makanan Papua,” jelas Yayu Sri Budi Rahayu, Kasubdit Warisan Diplomasi Budaya Dalam Negeri Kemendikbud kala ditemui Kompas.com pada Kamis (5/12/2019).

Rika Ramandey ketika memberikan deskripsi soal makanan Papua pada para siswa SMK jurusan tata bogaSYIFA NURI KHAIRUNNISA Rika Ramandey ketika memberikan deskripsi soal makanan Papua pada para siswa SMK jurusan tata boga
Acara loka karya ini menghadirkan bermacam-macam kuliner khas Papua. Di antaranya papeda bungkus, ikan kuah kuning, ikan bakar batu, ikan suir, tumis bunga pepaya, tumis kangkung bunga pepaya, sayur pakis daun melinjo, keladi tumbuk, dan sinole.

Rika Ramandey dan Martince,yang berpengalaman di bidang kuliner Papua mendeskripsikan soal masing-masing makanan yang ada di sana.

Baca juga: 4 Jenis Olahan Sagu dari Raja Ampat, Papua. Bukan Cuma Papeda

Dimulai dengan deskripsi bahan-bahan makanan yang belum diolah, cara pengolahannya, hingga bentuk jadi makanan tersebut.

Di akhir acara, para peserta diberi kesempatan untuk mencicipi semua makanan khas Papua yang sebelumnya telah mereka pelajari lewat loka karya tersebut.

“Makanannya enak. Baru tahu kalau Papua ternyata punya banyak budaya khususnya kuliner. Yang paling enak tumis bunga pepaya, ternyata rasanya enggak pahit sama sekali,” ujar Tiar, salah satu siswa peserta dari SMKN 38 Jakarta.

Selain Tiar, Thomas yang juga berasal dari SMKN 38 Jakarta juga turut mengamini hal itu. Menurutnya, rasa makanan khas Papua berbeda dari yang lain dan sangat enak.

“Ini keladi tumbuk dicampur sama kuah kuning dan ikan suir. Ternyata kalau makanan Papua dicampur satu sama lain itu masih bisa dan tetap enak,” tutur Thomas.

Acara pameran Ragam Budaya Papua akan terus berlangsung hingga tanggal 18 Desember mendatang. Bagi yang berminat ingin mencoba juga kuliner khas Papua, bisa langsung datang ke Plaza Sarinah setiap hari.

Pasalnya, kuliner khas Papua akan terus tersedia untuk bisa dibeli dan dicicipi setiap hari di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com