Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2019, 17:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor secara solo asal Indonesia Jeffrey Ronny Polnaja, singgah selama 5 hari di Brunei Darussalam saat melakukan perjalanan "Ride for Peace".

Perjalanan yang dilakukan Jeffrey, mengelilingi dunia di sepanjang garis khatulistiwa dengan melintasi negara-negara tropis. Oleh karena itu perjalanan tersebut dinamakan sebagai "Equatoride". Perjalanan ini juga akan menjadi perjalanan keliling dunia ke tiga bagi Jeffrey.

“Melalui perjalanan ini, saya berharap dapat mempromosikan perdamaian di seluruh dunia, dan memperkuat hubungan antarwarga, khususnya pada saat ini antara Indonesia dan Brunei,” kata Jeffrey sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/12/2019).

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Brunei atas keramah-tamahan mereka selama kunjungannya.

Pembalap berusia 57 tahun itu memasuki Kesultanan pada 28 November 2019 di Sungai Tujoh, Belait, setelah berkendara melalui Malaysia dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Selama kunjungannya di Bandar Seri Begawan, Jeffrey berpartisipasi dalam sejumlah acara yang dimaksudkan untuk menyebarkan pesan perdamaian dan menjalin persahabatan baru melalui pertemuan dengan warga Brunei dan Indonesia.

Baca juga: 6 Pantai Indah di Pacitan, Cocok untuk Wisata Touring Saat Libur

Acara-acara itu mencakup International Capital Bike Week di Dermaga Diraja Waterfront dan Pusat Bandar. Di sana Jeffrey berbagi pengalaman dan kiat-kiat berkendara yang aman pada Sabtu (30/11), dua sesi berbagi dengan warga Indonesia pada dua kesempatan terpisah pada Minggu (1/12), satu sesi berbagi dengan warga Brunei dan satu wawancara radio pada Senin (2/12).

Jeffrey Polnaja, pengendara motor solo keliling dunia dari Indonesia. Dok. Kemenlu RI Jeffrey Polnaja, pengendara motor solo keliling dunia dari Indonesia.

Selama singgah di Brunei Darussalam, ia difasilitasi oleh Kedutaan Besar
Indonesia dan komunitas pengendara motor di Brunei, Veteran Bike Clubs dan Pemoda.

Duta Besar Republik Indonesia, Dr. Sujatmiko, menyampaikan harapan agar Jeffrey dapat terus menjadi duta Indonesia yang baik untuk membantu mempromosikan negara ini sebagai negara yang damai dan enerjik kepada dunia.

Brunei adalah negara kedua yang ia kunjungi selama perjalanan "Equatoride" sebelum melanjutkan ke Filipina, Timor Leste, Australia, Filipina, dan kemudian menuju negara-negara Pasifik, Amerika Selatan, Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara sebelum mengakhiri perjalanannya di Indonesia.

Jeffrey Polnaja adalah pengendara motor Indonesia pertama yang mengelilingi dunia secara solo, dan merupakan satu dari hanya lima pengendara jarak jauh di dunia.

Perjalanan keliling dunia pertamanya pada tahun 2006 - 2015 membawanya melewati 420.000 kilometer jalan beraspal dan tidak beraspal.

Dia berhasil mengatasi banyak tantangan saat melewati 97 negara melalui medan jalan terjal dan daerah yang terdampak perang seperti Timur Tengah dan Afghanistan.

Dalam perjalanan “Equatoride: Menjahit Dunia, Ride for Peace” Jeffrey akan melakukan perjalanan melewati 25 negara tropis antara 23,5 derajat Lintang Utara dan 23,5 derajat Lintang Selatan selama dua tahun (2019-2021).

Baca juga: 5 Keuntungan Traveling Menggunakan Motor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com