Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia di Jakarta Timur

Kompas.com - 14/12/2019, 07:02 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia patut berbangga karena pencak silat masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada Kamis (12/12/2019).

Tepat di Jakarta Timur dekat Taman Mini Indonesia Indah, berdiri Padepokan Pencak Silat Indonesia yang memiliki museum di dalamnya.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi museum ini pada Jumat (13/12/2019) siang. Cuaca panas khas Jakarta tak menyurutkan niat untuk bermain ke museum yang menyimpan berbagai benda pencak silat.

Kala itu sata menemui Kepala Perpustakaan dan Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia sekaligus guru pencak silat aliran Cimande, Baworwulung (67).

Pria asli Jawa Barat ini bercerita bahwa bangunan ini sedang dalam tahap renovasi.

Baca juga: UNESCO Tetapkan Pencak Silat sebagai Warisan Tak Benda Dunia

Miniatur patung ucapan terima kasih persatuan pencak silat seluruh indonesia di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur. Miniatur ini menggambarkan seorang murid pencak silat yang sedang berguru pada seorang sesepuh pencak silat.Nicholas Ryan Aditya Miniatur patung ucapan terima kasih persatuan pencak silat seluruh indonesia di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur. Miniatur ini menggambarkan seorang murid pencak silat yang sedang berguru pada seorang sesepuh pencak silat.

Pantas, ketika saya singgah tampak bangunan yang lengang dan tidak seperti museum pada umumnya. Beruntung, beberapa patung, foto-foto, dan buku perpustakaan yang identik dengan pencak silat masih dapat terlihat.

"Museum ini sebenarnya menyimpan gambar-gambar mulai dari aliran pencak silat, pengembangannya. Terus ada ruangan pameran di lantai dua, isinya senjata-senjata pencak silat, seperti tombak, keris, parang, badik, golok, dan rencong. Itu mewakili pencak silat di beberapa daerah di Indonesia," kata Bawor kepada Kompas.com.

Gedung museum yang menempati area seluas 5,2 hektar dari Padepokan Pencak Silat Indonesia ini memiliki tiga lantai yang meliputi ruang perpustakaan di lantai satu, museum di lantai dua dan tiga.

Baca juga: Asal Usul Pencak Silat di Indonesia

Foto-foto para Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dari masa ke masa di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2019).Nicholas Ryan Aditya Foto-foto para Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dari masa ke masa di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2019).

Baik perpustakaan dan museum saling mendukung untuk berbagi informasi sesuai tema yang diusung museum yaitu pencak silat dalam kehidupan budaya masyarakat Indonesia.

"Museum ini memberikan riwayat pencak silat, mulai dari masa ketika manusia belum mengenal peradaban, ada juga foto-foto pas pencak silat mendunia lewat olahraganya," ujar Bawor.

Bangunan Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia di Jalan Taman Mini Indonesia Indah 1, Pinang Ranti, Jakarta Timur.Nicholas Ryan Aditya Bangunan Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia di Jalan Taman Mini Indonesia Indah 1, Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Sebelum direnovasi pengunjung sebenarnya dapat melihat foto dan keretrangan aliran pencak silat dari zaman ke zaman. Bawor menjelaskan ada pencak silat dari zaman kerajaan Nusantara, masa penjajahan Belanda, sampai perkembangannya pasca kemerdekaan.

Foto-foto ketika pencak silat tampil di ajang olahraga terpajang di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2019).Nicholas Ryan Aditya Foto-foto ketika pencak silat tampil di ajang olahraga terpajang di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2019).

Namun, karena masih dalam tahap renovasi, Bawor menganjurkan agar wisatawan menunggu hingga museum kembali dibuka hingga adanya pengumuman.

Saat ini, wisatawan hanya bisa menikmati suasana dan melihat luasnya Padepokan Pencak Silat Indonesia.

Foto ketika Indonesia menjuarai olahraga pencak silat di sebuah perhelatan olahraga terpajang di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur.Nicholas Ryan Aditya Foto ketika Indonesia menjuarai olahraga pencak silat di sebuah perhelatan olahraga terpajang di Museum Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur.

Selain museum, Padepokan Pencak Silat Indonesia juga memiliki hotel yang mengusung seni dan budaya. Lokasinya tepat di bagian belakang area padepokan.

Wisatawan dapat berkunjung ke Padepokan Pencak Silat Indonesia yang mulai buka hari Senin hingga Jumat, pukul 09.00-15.00 WIB. Lokasinya ada di Jalan Taman Mini 1, Pinang Ranti, Jakarta Timur, tepat samping Rumah Sakit TK II Moh. Ridwan Meuraksa.

Sejauh ini, menurut Bawor tidak ada tarif tertentu untuk masuk ke area padepokan dan museum.

Baca juga: Melihat Taman Mini Indonesia Indah dari Kereta Gantung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com