Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pizza, Spaghetti, dan Kopi Susu Andaliman, Apa Rasanya?

Kompas.com - 23/12/2019, 19:03 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


BALIGE, KOMPAS.com - Andaliman, rempah satu sering ditemukan di dalam masakan Batak. Buah yang sering disebut merica Batak ini memiliki rasa pedas geotir dengan aroma jeruk yang khas. 

Selain untuk makanan tradisional khas Batak, andaliman sekarang juga dapat dirasakan di hidangan internasional dan minuman. Cafe Pizza Andaliman, restoran yang berada di Balige, Kabupaten Toba Samosir menyediakan berbagai hidangan internasional dibumbui andaliman. Tertarik mencoba?

Baca juga: Berita Foto: Suasana Desa Meat, Desa Perajin Ulos Tradisional


1. Pizza Andaliman

Pizza yang berasal dari Italia, memiliki cita rasa makanan Batak setelah ditambahkan andaliman. Jika dilihat, wujud dari pizza andaliman tidak beda jauh dengan pizza-pizza pada umumnya. Perbedaan pizza andaliman berada di sausnya.

Baca juga: Pizza Andaliman, Makanan yang Patut Dicoba Saat ke Balige Toba Samosir

Adonan pizza pada umumnya dilumuri oleh saus tomat, sedangkan pada pizza ini saus tomat diganti saus andaliman. Saus andaliman terbuat dari andaliman yang digiling halus lalu, ditambah bumbu kacang, cabai dan sedikit perasan jeruk nipis. 

Pizza andaliman dilengkapi dengan topping sayur-sayuran seperti, potongan wortel, kol, kacang panjang, daun bawang, dan jagung. Selain itu juga sertakan topping sosis, teri medan, mayones, dan keju mozzarella.

Penikmatnya tidak menemukan andaliman utuh di topping pizza. Sebab tekstur andaliman sendiri terbilang keras saat digigit dan rasanya sangat pedas.

Jika rasa andaliman masih kurang, pizza disajikan dengan saus andaliman terpisah, mayonaise dan saus sambal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com