Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Ikan Segar untuk Dibakar Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 24/12/2019, 20:02 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara siap menyambut konsumen menjelang Tahun Baru 2020.

Pasar ini menyediakan berbagai seafood, seperti aneka jenis ikan, udang, cumi, dan kerang yang biasa menjadi bahan makanan untuk bakar-bakaran (umum disebut barbeque) tahun baru.

Sebelum membeli ikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pembeli agar dapat ikan dalam kondisi segar.

Kompas.com berkunjung ke PIM Muara Baru pada Rabu (18/12/2019) malam. Kami bertemu dengan Sholeh (52) seorang pedagang ikan di pasar yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Maret 2019 lalu.

Menurut Sholeh, pembeli atau konsumen yang berkunjung ke pasar ini kebanyakan memang pencinta seafood. Kata dia, mereka pasti sudah tahu mana ikan yang bagus atau layak dikonsumsi dan mana yang tidak.

"Tapi untuk pemula ada caranya, khusus buat malam tahun baru biasanya ikan yang dipilih ini, ikan tuna, ikan pecah kulit, ikan cakalang, bandeng," kata Sholeh kepada Kompas.com sembari menunjukkan ikan-ikan yang ia jual.

Berikut tips memilih ikan yang segar dan cocok untuk bakar-bakar saat malam tahun baru:

Baca juga: Pasar Ikan Modern Muara Baru, Tempat Belanja Seafood Murah untuk Tahun Baru

1. Lihat mata ikan bening atau tidak

Menurut Sholeh, tips pertamanya adalah lihat kondisi mata ikan. Jika mata ikan tersebut terlihat bening maka dapat dipastikan ikan layak dikonsumsi. Namun jika sebaliknya, sebaiknya memilih ikan yang lainnya.

"Dari mata bening, kalau kata orang bagus. Kalau tidak bening itu pasti ikan udah berapa hari lamanya di sini, jangan dibeli kalau gitu," jelasnya.

Lanjut Sholeh, semua ikan kriteria bagusnya sama, mulai dari atas hingga ujung ekornya. Oleh karena itu sebaiknya pengunjung fokus pada bagian mata ikan ketika memilih.

Ikan pecak kulit yang dijual di PIM Muara Baru, Jakarta Utara dihargai Rp 20.000 per kilogramnya.Nicholas Ryan Aditya Ikan pecak kulit yang dijual di PIM Muara Baru, Jakarta Utara dihargai Rp 20.000 per kilogramnya.

2. Pilih ikan yang badannya tidak kaku

Tips kedua yaitu lihat dan pegang badan ikan. Jika badan ikan tersebut terasa kaku dan keras, maka hindari dan pilih yang lainnya.

Menurut Sholeh ikan yang tidak kaku justru layak dikonsumsi. Meski begitu, ia mengatakan terkadang badan ikan menjadi kaku karena terkena garam dan es.

"Tapi kalau di sini itu kadang kalau dia kena garam sama es itu jadi keras," ujarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com