Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Wisata di Yogyakarta, Cocok untuk Liburan Bersama Anak

Kompas.com - 25/12/2019, 10:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru, memilih Yogyakarta sebagai destinasi wisata merupakan hal yang tepat, terutama jika mengajak anak-anak.

Baca juga: Tahun Baru di Yogyakarta, 9 Paket Hotel Tahun Baru 2020 di Yogyakarta

Di Yogyakarta kamu bisa menemukan sejumlah tempat liburan anak yang tak sekadar menarik, namun edukatif. Dijamin, anak-anak tidak akan bosan. 

Kompas.com merangkuman rekomendasi 5 tempat wisata anak di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

1. Taman Pintar

Jika mengunjungi jalan Panembahan Senopati, kamu wajib mengunjungi Taman Pintar. Tempat wisata itu tak sekadar memiliki berbagai macam wahana menarik, juga edukatif.

Anak-anak yang berkunjung bisa liburan sambil belajar. Zona Perpustakaan Taman Pintar, misalnya, tempat ini bukan sekadar menyediakan buku.

Ada beberapa komputer yang dapat digunakan untuk mengakses informasi pengetahuan sains dalam bentuk film animasi. Anak-anak tidak akan merasa bosan saat belajar sambil berlibur.

Kemudian kamu juga bisa mengunjungi Planetarium Taman Pintar yang memanfaatkan proyektor untuk melakukan peragaan benda-benda langit.

Selain itu, terdapat juga wahana lain seperti Wahana Bahari, Science Theater, Playground, Kampung Kerajinan, Gedung Paud, Gedung Kotak, dan Gedung Oval.

Taman Pintar memiliki harga tiket yang berbeda untuk memasuki wahana.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Maen maen laah kesini biar pintar.. #tamanpintar #yogyakarta

A post shared by Agus Muhamad Soleh (@agus.muhamad_inst) on Nov 29, 2019 at 11:31am PST

Gedung Oval dan Gedung Kotak, anak-anak harus membeli tiket Rp 12.000, sementara dewasa Rp 20.000. Gedung Paud Barat/Timur seharga Rp 3.000 untuk usia anak 3 – 7 tahun.

Kemudian untuk Planetarium seharga Rp 22.000 untuk semua umur; Wahana Bahari memiliki harga Rp 6.000 untuk semua umur dengan beban maksimal 100 kg; Lalu Lintas Rp 12.000 untuk usia anak 3–7 tahun.

Baca juga: Saatnya Berwisata ke Yogyakarta, Bunga Amarilis Patuk Mulai Mekar

Taman Pintar juga memiliki harga untuk melakukan program kreativitas, seperti  Kreasi Batik Rp 18.000; Kreasi Gerabah Rp 13.000; Lukis Kaos Rp 45.000; Lukis Gerabah Rp 15.000.

Kegiatan-kegiatan di atas dapat dilakukan oleh semua umur dengan batas usia anak minimal 8 tahun.

Kamu dapat melakukan berbagai macam program kreativitas yang telah diadakan tersebut di Area Playground.

Kemudian, kamu juga bisa mengunjungi Gedung Kotak Lantai 3 untuk mencoba Teater 4D dengan harga Rp 15.000 untuk anak, dan dewasa Rp 20.000.

Lalu Dino Adventure Rp 20.000 untuk anak, Rp 25.000 untuk dewasa; Hand On Science Rp 10.000 untuk semua umur; Presenter TV Rp 15.000 untuk semua umur.

Kamu dapat mengunjungi Taman Pintar setiap Selasa – Minggu dari pukul 09:00 – 16:00 WIB.

2. Kids Fun

Berlokasi di Jl. Wonosari KM 10, Piyungan, Kids Fun menyediakan berbagai macam wahana anak yang menyenangkan, seperti wahana air hingga bertemu dengan hewan purbakala.

Kids Fun memiliki banyak wahana menarik yang dibagi menjadi Wahana Air dan Wahana Darat. Untuk Wahan Air, misalnya, tempat wisata tersebut memiliki Aqua Bike, Arung Jeram, Blaster Boat, Funny Boats, dan Grand Canyon.

Wahana itu memiliki beberapa peraturan. Aqua Bike, khusus anak berusia di bawah 4 tahun harus didampingi. Sementara Blaster Boat, anak berusia minimal 4 tahun.

Lalu Arung Jeram, anak diperbolehkan naik dengan batasan usia minimal 2 tahun dan maksimal 8 tahun. Minimal usia anak naik Funny Boats adalah 3 tahun, maksimal 12 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com