Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2019, 19:28 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta membuka pelayanan kesehatan gratis bagi penumpang Kereta Api dan pengunjung di dua stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com pada Senin (30/12/2019), layanan kesehatan mulai dibuka di Stasiun Pasar Senen hari ini pukul 13.00 WIB dan Stasiun Gambir Selasa (31/12/2019). Beragam pemeriksaan seperti tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, pengukuran berat badan, dan konsultasi medis dapat terlayani di stasiun ini.

Baca juga: Pertama Kali Naik Kereta Jarak Jauh? Simak Tips Berikut Ini

Menurut Kepala Humas Daop 1, Eva Chairunisa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas tambahan kepada penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan KA.

"Sekitar 5 petugas medis yang terdiri dari 2 dokter, 2 perawat dan 1 apoteker dari Tim Kesehatan Daop 1 Jakarta siap melayani para penumpang dan pengunjung Stasiun Pasar Senen yang ingin memeriksa kesehatannya," kata Eva seperti dikutip dalam rilis.

Petugas memeriksa kesehatan penumpang di Stasiun Pasar Senen, Senin (30/12/2019). PT KAI Daop 1 Jakarta membuka layanan kesehatan gratis di dua stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen (30/12/2019) dan Stasiun Gambir (31/12/2019).Dokumentasi PT KAI Daop 1 Jakarta Petugas memeriksa kesehatan penumpang di Stasiun Pasar Senen, Senin (30/12/2019). PT KAI Daop 1 Jakarta membuka layanan kesehatan gratis di dua stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen (30/12/2019) dan Stasiun Gambir (31/12/2019).

Eva menambahkan, layanan kesehatan gratis ini merupakan tambahan dari Daop 1 yang sebelumnya telah menyediakan Pos Kesehatan Gratis dan Posko Kesehatan bekerjasama dengan pihak eksternal.

Tak hanya pelayanan kesehatan gratis, stasiun kini juga dilengkapi Ruang Ibu Menyusui dan fasilitas kursi roda bagi penumpang yang membutuhkan.

Selain itu, Eva mengatakan pelayanan kesehatan ini diadakan sebagai bentuk antisipasi bila ada hal-hal yang tidak diinginkan dari kondisi penumpang. Hal ini dikarenakan, untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang perlu kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

Petugas memeriksa kesehatan penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (30/12/2019). PT KAI Daop 1 Jakarta membuka layanan kesehatan gratis pada musim liburan Natal Tahun Baru.Dokumentasi PT KAI Daop 1 Jakarta Petugas memeriksa kesehatan penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (30/12/2019). PT KAI Daop 1 Jakarta membuka layanan kesehatan gratis pada musim liburan Natal Tahun Baru.

Lebih lanjut, KAI kini juga memiliki Klinik Mediska yang berlokasi dekat dengan stasiun dan telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA.

Baca juga: Cara Boarding di Stasiun Kereta Api

Kata Eva, hal ini bertujuan untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi gawat darurat dan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit. Daop 1 memiliki Klinik Mediska yang terdapat di Manggarai, Bogor, Cikampek, dan Bekasi.

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau agar para penumpang dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah disediakan ini. Pastikan kesehatan Anda dalam kondisi yang fit sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com