Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tahun Baru! 7.042 Tembakan Kembang Api Ramaikan TMII

Kompas.com - 01/01/2020, 00:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) melakukan 7.042 tembakan kembang api dalam rangka perayaan tahun baru.

Sebelum melakuian tembakan, di area Danau Arsipel Indonesia terdenyar sebanyak tiga kali bunyi klakson kapal pada sekitar pukul 11:57. Tepat tiga menit sebelum pesta kembang api dimulai.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Nonton Pagelaran Wayang Kulit di TMII

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (1/1/2020), tembakan kembang api pertama dimulai dengan beberapa tembakan kecil dari kembang api berwarna kuning yang menghiasi pulau-pulau yang terletak tepat di tengah danau.

danau miniatur arsipel Indonesia di TMII, JakartaAkhmad Dody Firmansyah / Shutterstock.com danau miniatur arsipel Indonesia di TMII, Jakarta

Selanjutnya, kembang api kembali ditembakan dengan warna asap merah dalam skala besar. Selama pertunjukan kembang api merah ini, para pengunjung TMII terdengar sangat antusias melihatnya dan tidak pernah berhenti bersorak-sorai sembari merekam pertunjukan tersebut.

Sesaat setelah kembang api berskala besar dinyalakan, peledakan kembang api dihentikan selama beberapa detik dalam rangka menunggu asap kembang api pudar. Hal ini dilakukan agar pengunjung dapat melihat pertunjukan kembang api selanjutnya dengan jelas.

Meski begitu, kembang api tetap tidak terlalu terlihat dengan jelas akibat hujan yang tidak kunjung reda dan semakin deras.

Baca juga: Rela Menanti Kembang Api TMII dalam Guyuran Hujan

Namun, pengunjung tetap bersemangat menonton pertunjukan kembang api di bantaran Danau Arsipel Indonesia sembari memegang payung dan mengenakan jas hujan.

Pertunjukan kembang api berlangsung selama 6 menit 30 detik dan diakhiri dengan letusan kemgang api kecil beruntun.

Walaupun pertunjujan jembang api di Danau Arsipel Indonesia telah usai, namun pengunjung tetap disuguhi pemandangan kembang api kecil yang diledakan dari beberapa tempat sekitar danau.

Berdasarkan data terakhir yang Kompas.com dapatkan dari Kepala Humas TMII Adi Widodo, pengunjung TMII yang datang melihat pertunjyjan kembang api tahun ini tercatat sebanyak 31.000 pada pukul 22:00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com