Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Wisata Pantai di Kawasan Ancol

Kompas.com - 01/01/2020, 08:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat dalam mengisi momen liburan.

Baca juga: Acara dan Wahana Terbaru Ancol untuk Liburan Tahun Baru 2020

Kawasan wisata ini punya beberapa unit rekreasi di dalamnya. Namun yang paling ramai dikunjungi adalah kawasan Pantai Ancol yang terbagi menjadi beberapa area khusus.

Terdapat enam pantai utama di kawasan ini, adalah Pantai Carnaval, Pantai Festival, Pantai Ria, Pantai Bende, Pantai Beach Pool, Pantai Lagoon, dan Pantai Marina. Selain keenam pantai tersebut, terdapat juga Danau Monumen.

Berenang dan main pasir

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di sini. Bagi kamu yang ingin berenang dan bermain pasir, bisa langsung menuju Pantai Beach Pool dan Pantai Lagoon.

Saat musim liburan, biasanya area pantai dipenuhi anak-anak yang sedang bermain pasir dan keluarga yang menggelar tikar untuk piknik.

Kulineran dan musik

Selain bermain air dan pasir, pengunjung juga bisa menikmati berbagai restoran dan tempat makan di Pantai Carnaval. Sementara Pantai Festival biasanya jadi pusat hiburan musik dengan adanya panggung cukup besar di sana.

Perahu kayu dan water sport

Bagi kamu yang ingin mengitari perairan bisa juga menyewa perahu kayu dengan harga Rp 10.000 per orang. Perahu kayu ini akan membawa kamu berkeliling hingga ke kawasan Putri Duyung Cottage.

Di Pantai Lagoon, terdapat juga berbagai permainan air yang bisa kamu coba. Mulai dari Banana Boat, Donat Boat, Fly Boat, Kayak, dan ATV. Harga per wahananya beragam, mulai dari Rp 30.000 – Rp 100.000 di hari biasa dan Rp 40.000 – Rp 100.000 di hari libur.

Danau Monumen, Ancol. Dok. Ancol Danau Monumen, Ancol.

Danau Monumen

Sementara di Danau Monumen juga terdapat beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berkeliling danau menggunakan perahu bebek kayuh, berolahraga ringan dengan alat olahraga yang tersedia di area pasir di depan danau, dan aktivitas permainan anak yang seru.

Baca juga: 5 Spot Foto di Ancol, Cocok untuk Feed Instagram Kamu...

Fasilitas yang ada di pantai-pantai ini juga sudah cukup lengkap. Banyak pedagang makanan yang tersebar di area pantai. Lalu ada juga beberapa lokasi toilet dengan desain yang menarik, pos pengawas pantai atau lifeguard, pos pelaporan, dan juga pos P3K bagi pengunjung yang sakit.

Ancol Beach City

Selain keenam area pantai tersebut, terdapat juga area pantai baru yang terletak tepat di depan lobi mall Ancol Beach City.

Pantai kecil dengan pasir putih tersebut bisa digunakan untuk bermain pasir dan berenang. Letaknya memang agak di ujung paling timur area pantai Ancol.

Pantai Lagoon, Ancol.Dok. Ancol Pantai Lagoon, Ancol.

Untuk harga tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar Rp 25.000 per orang di hari biasa mau pun hari libur. Tak seperti unit rekreasi lain di dalam kawasan Ancol yang mengharuskan kamu membayar tiket berbeda, kawasan Pantai Ancol ini gratis dan kamu hanya perlu membayar tiket gerbang masuk saja.

Baca juga: 5 Tips Liburan Hemat di Ancol

Tiket tersebut di atas belum termasuk harga tiket kendaraan yang dipatok Rp 25.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com