Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Ancol, Panduan Lengkap Rute Transportasi Umum ke Ancol

Kompas.com - 03/01/2020, 21:00 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Taman Impian Jaya Ancol jadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat saat akhir pekan. Bukan hanya masyarakat sekitar Jakarta saja, tetapi juga dari daerah lain.

Baca juga: Panduan Wisata Pantai di Kawasan Ancol

Untuk mencapai kawasan Ancol, selain menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, pengunjung juga bisa menggunakan dua moda transportasi publik TransJakarta dan KRL Commuterline.

Berikut ini panduan lengkap rute transportasi umum menuju kawasan Ancol.

TransJakarta

Bagi kamu yang ingin menaiki Busway TransJakarta, terdapat beberapa jurusan yang tersedia. Kamu bisa menggunakan TransJakarta nomor 5 jurusan Ancol-Kampung Melayu, nomor 5D jurusan PGC-Ancol,nomor 5E jurusan Kampung Rambutan-Ancol, dan nomor 5H jurusan Harmoni-Ancol.

TransJakarta nomor 5 akan melewati rute Ancol-Pademangan-Gunung Sahari Mangga Dua-Jembatan Merah-Pasar Baru Timur-Budi Utomo-Senen Central-Pal Putih-Kramat Sentiong NU-Salemba UI-Salemba Carolus-Matraman 1-Tegalan-Slamet Riyadi-Kebon Pala-Pasar Jatinegara-Jatinegara RS Premier-Kampung Melayu dan sebaliknya.

TransJakarta nomor 5D akan melewati rutePGC 1-BKN-BNN-Cawang Otista-Gelanggang Remaja-Bidara Cina-Kampung Melayu-Kebon Pala-Slamet Riyadi-Tegalan-Matraman 1-Salemba Carolus-Salemba UI-Kramat Sentiong NU-Pal Putih-Budi Utomo-Pasar Baru Timur-Jembatan Merah-Gunung Sahari Mangga Dua-Pademangan-Ancol dan sebaliknya.

TransJakarta nomor 5E akan melewati rute Terminal Kampung Rambutan-Tanah Merdeka-Flyover Raya Bogor-RS Harapan Bunda-Pasar Induk-Cawang UKI-Cawang Sutoyo-Penas Kalimalang-Cipinang Kebon Nanas-Pedati Prumpung-Stasiun Jatinegara-Ahmad Yani Bea Cukai-Utan Kayu Rawamangun-Pramuka BPKP-Pramuka LIA-Utan Kayu-Pasar Genjing-Salemba Carolus-Salemba UI-Kramat Sentiong NU-Pal Putih-Budi Utomo-Pasar Baru Timur-Jembatan Merah-Gunung Sahari Mangga Dua-Pademangan-Ancol dan sebaliknya.

Baca juga: 5 Tips Liburan Hemat di Ancol

TransJakarta nomor 5H akan melewati rute Harmoni-Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pasar Baru Timur-Jembatan Merah-Gunung Sahari Mangga Dua-Pademangan-Ancol dan sebaliknya.
Halte Busway Ancol berada di area barat kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Tak terlalu jauh dari pintu masuk Dufan lama. Untuk menuju ke unit rekreasi lain yang berada di dalam kawasan Ancol, kamu bisa menggunakan Bus Wara Wiri yang disediakan gratis oleh pihak Ancol.

Bus Wara Wiri ini terbagi dua rute. Rute barat dan timur, jika unit wisata yang kamu tuju berada di area timur, maka kamu bisa melakukan interchange atau berganti bus di halte Gondola.

Bus Wara Wiri lewat setiap 15 menit sekali dan tidak dipungut biaya. Jika kamu ingin menggunakan taksi atau ojek pangkalan yang ada di sekitar halte busway juga bisa.

Harganya Rp 30.000 sekali jalan untuk taksi dan Rp 10.000 sekali jalan untuk ojek pangkalan.

Pantai Lagoon, Ancol.Dok. Ancol Pantai Lagoon, Ancol.

Commuterline

Bagi kamu yang ingin menggunakan Commuterline KRL, bisa turun di Stasiun Ancol atau Kampung Bandan.

Kamu bisa menggunakan KRL dari stasiun terdekat lalu berganti kereta di Stasiun Duri. Lalu naik kereta jurusan Kampung Bandan.

Kereta akan melewati satu perhentian yaitu Stasiun Angke lalu ke Kampung Bandan. Jika sudah sampai di Kampung Bandan, kamu bisa memilih untuk berhenti di stasiun ini lalu menggunakan kendaraan online untuk masuk ke kawasan Ancol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com