Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Berkunjung ke Ancol Saat Pasang Maksimum Pesisir Jakut?

Kompas.com - 06/01/2020, 13:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengungkapkan bahwa akan terjadi pasang maksimum di daerah pesisir Jakarta Utara pada pekan depan.

Dengan adanya hal tersebut, Manajemen Ancol Taman Impian telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi sehingga wisatawan bisa tetap berkunjung.

Pihak pengelola secara rutin melakukan pembersihan sampah di seluruh saluran air yang berada di kawasan Ancol. Selain itu, pengelola juga membersihkan rumah pompa (chamber).

Mereka juga telah menyiapkan sebanyak 26 rumah pompa air yang masih berfungsi dengan baik.

Baca juga: Saat Berwisata Terkena Banjir, Lakukan Hal Ini

“Manajemen Ancol telah menyiapkan 26 rumah pompa air (chamber) yang dilengkapi dengan 48 unit pompa dengan kapasitas buang 447,1 m3/menit. Saat ini kondisinya semua (pompa) berfungsi dengan baik,” kata Head of Corporate Communication Ancol Rika Lestari saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/1/2020).

Pihak tempat wisata tersebut juga bekerja sama dengan seluruh pengelola pintu air yang berada di kawasan Ancol Taman Impian. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa setiap saat memantau level air demi mengantisipasi naiknya debit volume air.

Tidak hanya memonitor volume air akibat banjir kiriman dari hulu, tetapi juga dari pasang tinggi air laut.

“Pengunjung tidak perlu khawatir untuk berekreasi ke Ancol. Jangan lupa bekali dengan payung atau jas hujan agar aktivitas rekreasi tetap nyaman,” kata Rika.

Terkait dengan acara Music Special Symphony Of The Sea yang digelar di Floating Stage Pantai Festival Ancol, Rika mengatakan bahwa acara pada 11 Januari 2020 diharapkan tetap berjalan dengan normal.

Seperti yang diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengungkapkan bahwa akan terjadi pasang maksimum di daerah pesisir Jakarta Utara pada pekan depan.

Baca juga: Pekan Depan Laut Pasang Maksimum, Bagaimana Potensi Banjir Rob?

Untuk pesisir Jakarta Utara sendiri, BMKG mengatakan bahwa laut pasang maksimum akan terjadi pada 9 – 11 Januari 2020 antara pukul 10:00 – 11:00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com