Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung dan Bowongso Ditutup

Kompas.com - 07/01/2020, 06:23 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung dan Bowongso akan ditutup sementara pada Rabu (8/1/2020).

Penutupan pendakian dikarenakan cuaca buruk yang dapat membahayakan keselamatan pendaki atau.

Menurut Koordinator Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS), Lilik Setiyawan jalur pendakian yang ditutup hanya dua jalur tersebut, sedangkan jalur lainnya masih dibuka.

"Lainnya masih lihat situasi masing-masing basecamp. Jadi yang ditutup sementara mulai tanggal 8 Januari 2020 besok adalah via Garung dan Bowongso Wonosobo saja," kata Lilik ketika dihubungi Kompas.com, Senin (6/1/2020).

Baca juga: 8 Fakta Unik tentang Gunung Sumbing via Bowongso

Berdasarkan rilis yang diterima Kompas.com, penutupan kegiatan pendakian juga dimaksudkan untuk revitalisasi ekosistem serta perbaikan fasilitas pendakian Gunung Sumbing via Garung.

Sementara itu, rilis pendakian via Bowongso juga mengatakan hal yang sama. Kedua rilis tersebut tidak mencantumkan kapan Gunung Sumbing akan dibuka kembali untuk pendakian.

Seorang Pendaki sedang minum di Gunung Sumbing.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seorang Pendaki sedang minum di Gunung Sumbing.

Hingga hari ini pendaki masih tampak terlihat di gunung berketinggian 3.371 meter dari permukaan layt itu. Hal tersebut dikatakan Sumedi, pemandu Gunung Sumbing.

Para calon pendaki Gunung Sumbing via kedua jalur tersebut diminta untuk memaklumi dan menunda pendakian hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: 4 Tips Bagi yang Pertama Kali Naik Gunung

Forum Pengelola Gunung Sumbing atau FPGS merupakan badan yang mengelola jalur-jalur pendakian Gunung Sumbing di sekitaran tiga kabupaten yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung merupakan jalur populer yang biasa digunakan pendaki pemula hingga sampai puncak. Jalur pendakian ini dikenal ramai karena mudah dijangkau dan sudah dikenal kalangan pendaki.

Namun, terdapat jalur-jalur lainnya untuk mencapai puncak Gunung Sumbing di antaranya, via Cepit Parakan, Mangli Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup hingga Akhir Maret 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com