Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Paket Wisata Candi Prambanan 2020: Sunrise hingga Camping

Kompas.com - 07/01/2020, 20:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan kini bisa menambah pengalaman berbeda selain melihat candi dan stupa di Candi Prambanan.

Pasalnya, pengelola Candi Prambanan--PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko--menambah tiga paket wisata baru di tahun 2020.

Sekretaris Perusahaan PT TWC, Emilia Eny Utari mengatakan, tiga paket wisata baru Candi Prambanan ini terdiri dari Prambanan Sunrise Performance, Prambanan Temple Camp, dan Junior Archaeologist.

"Fasilitas yang didapat juga berbeda di masing-masing paket. Kalau Prambanan Sunrise pengunjung bisa melihat matahari terbit dan aktivitas budaya dengan latar belakang Candi Prambanan," kata Emilia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/1/2020).

Selain melihat indahnya sunrise Candi Prambanan, wisatawan juga akan mendapat fasilitas lainnya seperti makan pagi dengan menu tradisional di Restoran Rama Shinta.

Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas tradisional yaitu nutu, napeni, ndandang, dan mendapat suvenir.

Baca juga: Spot Riyadi, Tempat Terbaik Memotret Gagahnya Candi Prambanan

Paket wisata kedua yaitu Prambanan Temple Camp. Dalam paket ini, wisatawan bisa menjajal sensasi camping di area Candi Prambanan.

Fasilitas dalam paket ini seperti, area camping, tiket masuk Candi Prambanan dan Ramayana Ballet, tenda lampu, tempat tidur, bantal, dan selimut.

"Dengan kapasitas tenda sekitar empat sampai lima orang, wisatawan juga bisa dapat sarapan dan light barbeque seperti jagung bakar, dan lainnya," lanjutnya.

Paket wisata ini dimulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Berbuka Puasa dengan Pemandangan Candi Prambanan dan Gunung Merapi

Candi Prambanan sebagai salah satu tempat ibadah umat Hindu.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Prambanan sebagai salah satu tempat ibadah umat Hindu.
Paket wisata ketiga yaitu Junior Archaeologist. Paket ini diperuntukkan bagi pelajar usia 11 hingga 15 tahun.

Wisatawan pelajar akan mendapat fasilitas berupa permainan aktivitas konservasi atau ekskavasi, pemandu wisata, makan siang, dan tiket masuk Candi Prambanan.

"Durasi waktunya enam hingga tujuh jam. Pemesanan minimal 30 pax," tambahnya.

Baca juga: Tips Memotret Relief Candi Borobudur untuk Dapatkan Foto Terbaik

Tertarik dengan tiga paket wisata baru Candi Prambanan tersebut?

Kamu bisa menyiapkan uang sebesar Rp 200.000 untuk wisatawan nusantara dewasa pada paket Prambanan Sunrise Performance, dan Rp 175.000 jika membawa anak berumur 3 sampai 10 tahun.

Paket Prambanan Temple Camp dibanderol Rp 500.000 per pax dengan minimal 4 pax. Sementara paket Junior Archaeologist dibanderol Rp 1.350.000 per pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com