Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Wisatawan Duduk di Stupa Candi Borobudur, Ini Kata Pengelola

Kompas.com - 08/01/2020, 17:06 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Foto wisatawan yang duduk di stupa Candi Borobudur beredar luas di Twitter dan memancing pembicaraan netizen. 

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari, petugas dari Candi Borobudur sudah memberikan informasi akan ketentuan hal apa yang boleh dilakukan wisatawan di candi.

“Ketentuan tersebut disampaikan baik melalui penempatan informasi atau rambu-rambu, juga sebelum pengunjung masuk area candi itu petugas selalu menyampaikan langsung tentang prosedur kunjungan dan informasi tentang ketentuan pengunjung,” kata Emilia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Paket Wisata Candi Borobudur Tahun 2020: Sarapan hingga Peduli Budaya

Namun dengan adanya kejadian ulah wisatawan tersebut, Emilia mengaku akan terus mengingatkan kepada petugas untuk selalu menginformasikan pengunjung.

“Kami akan tingkatkan program yang dimaksud dilakukan dengan cara pemberian suatu edukasi kepada pengunjung melalui informasi tentang ketentuan dan prosedur kunjungan yang didapatkan sebelum naik ke candi,” ujarnya.

Sebagai informasi, TWC sudah memberlakukan ketentuan pengunjung berupa larangan menaiki atau memanjat, memegang stupa maupun bagian bangunan candi lainnya.

Ketentuan ini berlaku di semua candi yang dikelola oleh TWC yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko.

Baca juga: Kisah Cinta yang Tak Terekspos di Relief Candi Borobudur

Selain itu Emilia mengatakan ketentuan ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung saat berada di bangunan candi.

Sebelumnya, beredar foto wisatawan yang terlihat duduk dan memanjat bagian stupa Candi Borobudur. Foto itu diunggah oleh akun Twitter @Herrreza pada Rabu (1/1/2020).

Guys.. Jangan kayak gini ya. Biar gimana juga itu tempat suci saudara kita. Kaya ga punya kehormatan diri sampai2 ga bisa hormati tempat2 yg disucikan orang lain.” ucap @Herrreza dalam cuitannya.

Hingga berita ini diturunkan, postingan tersebut telah memperoleh 11 ribu Retweet dan 11 ribu Heart oleh netizen dan memancing lebih dari 400 komentar.

Baca juga: Catat, Harga Tiket Sunrise Borobudur Tahun 2020 Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com