Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2020, 12:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyuwangi akan memiliki wahana taman wisata yang bekerjasama dengan Jatim Park Group. Wahana ini bernama Banyuwangi Theme Park.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, theme park di daerahnya akan berbeda dengan Jatim Park lainnya, karena mengangkat tema khas Banyuwangi.

"Tema baru (theme park), misalnya tentang Ijen, Alas Purwo dan juga tentang Sukamade, sehingga bedanya ada muatan lokal di sini," katanya kepada Kompas.com, Rabu (8/1/2020).

Pembangunan Banyuwangi Themepark mulai dilakukan pada Jumat (3/1/2020), dengan target rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri 2020.

Baca juga: Siapkan Cuti, 123 Acara Pariwisata akan Digelar di Banyuwangi pada 2020

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda mengungkapkan, target Banyuwangi Themepark adalah memperpanjang masa liburan dari Bali ke Banyuwangi.

"Selama ini Banyuwangi menjadi bayang-bayang Bali, orang tidak akan pernah ke Banyuwangi kalau kita tidak ada destinasi unggulan," ujar Bramuda.

"Dengan adanya theme park, kita harapkan memperpanjang masa liburan. Orang tidak hanya ke Bali, juga ke Banyuwangi," lanjutnya.

Bramuda juga menargetkan pembangunan theme park bisa membuat wisatawan singgah dan menginap di Banyuwangi.

"Misalnya ke Bali 3 hari 2 malam, mungkin dengan Banyuwangi bisa 4 hari atau 5 hari 4 malam. (Bisa) 2 malam di Banyuwangi, (lalu) 3 malam di Bali," katanya.

Baca juga: Wisata Kuliner Terbaru di Banyuwangi, Oling River Food

Selain itu, pemda setempat juga turut serta mengambil pasar turis China lewat keberadaan Bandara Internasional Banyuwangi.

"Kami kemarin satu minggu itu ada tiga kali charter flight. Kita bisa bayangkan, kalau itu satu pesawat aja bisa hampir 180 orang penumpangm berarti satu Minggu kita bisa mengambil wisatawan kurang lebih 600 wisatawan," kata Bramua.

"Kalau dikalikan setahun berarti ada 35.000 hingga 40.000 wisatawan," jelasnya.

Menurutnya, angka ini bisa mencapai hampir separuh jumlah wisatawan ke Banyuwangi dalam setahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com