Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Maskapai yang Buka Rute Penerbangan Baru di Bali 2019

Kompas.com - 11/01/2020, 15:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - General Manager PT Angkasa Pura I (Persero)Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Herry A. Y. Sikado, menyebutkan bahwa selama 2019 ada lima maskapai yang membuka rute dari dan ke Bali.

Hal ini pula yang menjadi indikator kedatangan penumpang di Bandara Ngurah Rai sepanjang 2019 yang mencapai 24 juta orang.

Dikutip dari Tribun Bali Travel, lima maskapai yang membuka rute penerbangan dari dan ke Bali adalah Vietjet Air yang menghubungkan Ho Chi Minh City dengan Bali pada Mei 2019, dan Vietnam Airline yang melayani rute penerbangan sama mulai Oktober 2019.

Selanjutnya ada Turkish Airlines dengan rute Istanbul-Bali pada Juli 2019, Malindo Air menghubungkan Sydney dengan Bali pada Agustus 2019, dan Citilink menghubungkan Bali dan Australia Barat pada Oktober 2019.

Baca juga: 3 Hotel Bali dan 1 di Labuan Bajo Sabet Penghargaan World Travel Awards

“Hal ini tentunya menjadi indikator bahwa daya tarik Bali bagi para wisatawan serta bagi maskapai penerbangan semakin kuat,” kata Herry.

Selama lima tahun terakhir, tercatat jumlah penumpang yang dilayani Bandara Ngurah Rai terus mengalami pertumbuhan.

Tingkat pertumbuhan tertinggi dialami pada 2016, dengan pertumbuhan penumpang sebesar 2,87 juta orang atau tumbuh sebesar 16,8 persen dari 2015.

Jika dirata-rata, tingkat pertumbuhan penumpang rata-rata tahunan Bandara Ngurah Rai selama lima tahun terakhir mencapai sembilan persen.

Terminal domestik Bandara Ngurah Rai BaliKOMPAS.com/SRI LESTARI Terminal domestik Bandara Ngurah Rai Bali

“Selama lima tahun terakhir kami mencatatkan tingkat pertumbuhan yang stabil. Nah, daya tampung maksimal bandar udara ini mencapai 24 juta penumpang, di mana sudah tercapai di tahun 2019 lalu,” kata Herry.

Dengan proyeksi wisatawan baik domestik dan mancanegara, yang akan terus datang ke Bali, telah dilakukan berbagai kajian terkait rencana pengembangan Bandara Ngurah Rai ke depan.

“Saat ini, kami sedang dalam tahapan penyusunan masterplan pengembangan bandar udara yang nantinya dapat mencapai daya tampung maksimum di angka 37,6 juta penumpang di tahun 2026. Inilah kapasitas maksimum yang dapat dilayani nantinya,” imbuhnya.

Baca juga: Itinerary Bali 2 Hari 1 Malam, Short Escape di Kawasan Canggu

Untuk saat ini, telah dirampungkan infrastruktur di area sisi udara yang bertujuan meningkatkan kapasitas runway dalam melayani pergerakan pesawat per jamnya.

“Namanya Rapid Exit Taxiway (RET),” katanya.

Di akhir Januari 2020, RET sudah dapat digunakan. Saat ini, daya tampung maksimum runway mencapai 32 pergerakan per jamnya.

Dengan berfungsinya RET, maka daya tampung runway, setiap jamnya akan bertambah. Berujung mempercepat pergerakan pesawat di area sisi udara.

Baca juga: 6 Pasar Senggol di Bali, Tempat Jajan Makanan Bali Murah Meriah

Artikel ini telah tayang di Tribun Bali Travel.com dengan judul "Berikut Daftar Rute Baru Dorong Kedatangan Turis di Bali"

https://tribunbalitravel.tribunnews.com/2020/01/09/berikut-daftar-rute-baru-dorong-kedatangan-turis-di-bali.

(Penulis dan editor: Anak Agung Seri Kusniarti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com