Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memesan Tiket Pesawat

Kompas.com - 16/01/2020, 12:01 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Terkadang kamu memang harus rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk membeli tiket pesawat.

Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kamu mengeluarkan uang lebih dari yang harus dikeluarkan dan memperlancar jadwal perjalanan.

Berikut ini tips menghindari tujuh kesalahan ketika memesan tiket pesawat seperti dilansir dari smartertravel:

Baca juga: Waktu Terbaik untuk Memesan Harga Tiket Pesawat Domestik dan Hotel Paling Murah

1. Perhatikan Bandara Alternatif

Banyak kota besar yang memiliki lebih dari satu bandara dengan ukuran yang cukup besar. Maka dari itu, sebaiknya kamu mencari bandara alternatif di kota tujuanmu untuk mencari tarif tiket pesawat yang paling murah dan mudah.

Contohnya, Jakarta memiliki dua bandara yakni Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta. Kamu bisa membandingkan rute dan harga yang tersedia dari masing-masing bandara.

Selain itu, Jawa Barat dan Yogyakarta juga memiliki beberapa bandara berbeda. Di Jawa Barat yang terbesar adalah Bandara Internasional Kertajati di Majalengka dan ada juga Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Lalu di Sumatera Utara ada Bandara Internasional Kualanamu di Medan dan Bandara Internasional Silangit di Siborong-borong.

Baca juga: Huta Ginjang, Tempat Terbaik Melihat Pemandangan Danau Toba

Untuk bisa mendapatkan pilihan seperti itu, pilih opsi “All Airports” yang bisa kamu lihat di berbagai aplikasi OTA (Online Travel Agent) atau situs pemesanan tiket pesawat. Pilih kota atau provinsi tujuan dan bukan memilih langsung bandara tujuan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk membeli tiket pesawat ke kota yang dekat dari kota tujuan utamamu.

Pasalnya, bisa saja tiketnya jadi jauh lebih murah jika dibandingkan kamu membeli tiket langsung ke kota tujuan. Pilih kota dengan jarak yang cukup dekat dan tidak memerlukan banyak biaya tambahan untuk transportasi menuju kota tujuan utama.

2. Cari tiket pesawat menggunakan browser incognito

Dilansir situs smartertravel, ada beberapa rumor mengenai situs tempat memesan tiket pesawat yang akan menunjukkan tarif lebih tinggi jika kamu pernah mencarinya sebelumnya.

Misalnya, jika kamu pernah mencari tiket pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur dan secara rutin mengecek tarif tiketnya selama beberapa hari atau beberapa minggu.

Situs tersebut akan menyimpan preferensi tersebut dan akhirnya memberikan beberapa pilihan harga yang lebih tinggi dari biasanya.

Memang belum ada penelitian dan bukti khusus soal rumor ini. Namun tidak ada salahnya jika kamu selalu menggunakan browser incognito (tak terdeteksi) untuk mencari tarif tiket pesawat.

Dengan begitu, sejarah pencarianmu tidak akan bisa dilacak dan kamu bisa mendapatkan harga termurah untuk tiket pesawat.

3. Jangan memesan tiket saat harga sedang tinggi

Menurut laporan yang dirilis oleh Airfarewatchdog, banyak maskapai penerbangan yang merilis harga tiket pesawat di awal minggu. Hal tersebut membuat hari Selasa dan Rabu untuk jadi waktu terbaik untuk kamu mendapatkan tarif paling rendah.

Dari informasi situs FareCompare seperti dilansir dari smartertravel, waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat domestik di Amerika Serikat adalah di hari Selasa pukul 15.00 waktu area timur Amerika Serikat.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Hal Sepele Berguna untuk Dapat Tiket Pesawat Murah

Hal berbeda berlaku untuk penerbangan internasional. Banyak maskapai penerbangan yang merilis harga tiket pesawat sesuai dengan pola yang selalu berubah. Maka kamu harus bersikap lebih militan untuk mencari tiket pesawat internasional dengan harga murah.

Salah satu hal yang harus kamu ingat, harga tiket pesawat di menit-menit terakhir selalu jauh lebih tinggi dibandingkan tiket yang sudah kamu pesan sejak jauh-jauh hari.

Lebih baik memesan sekitar enam minggu sebelum penerbangan domestik, dan bahkan jauh lebih awal untuk penerbangan internasional.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com