Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2020, 10:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Ikan kerapu jadi salah satu ikan yang cukup sulit untuk diolah. Bukan proses memasaknya yang sulit, melainkan proses membersihkan ikan laut ini yang terbilang menantang.

Pasalnya, ikan kerapu terkenal memiliki duri yang tajam di sepanjang tubuhnya dan mengeluarkan lendir yang licin. Jadilah proses membersihkan ikan kerapu lebih rumit ketimbang ikan jenis lain.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan ikan kerapu dengan cepat dan efisien menurut Suyanto, Chef Chinese Food di Restoran Tien Chao Gran Melia Hotel Jakarta, Suyanto ditemui di acara peluncuran menu Imlek, Kamis (16/1/2020). 

Baca juga: 4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Saat Memasak Ikan Air Tawar

1. Gunakan lap atau sarung kain

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja membersihkan sisik ikan. Caranya dengan menggunakan alat pembersih sisik khusus yang bisa kamu temukan dengan mudah di toko-toko. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pisau.

Hal yang membuat proses ini sulit, adalah adanya lendir di tubuh ikan kerapu yang membuatnya sangat licin ketika dipegang. Hal itu menjadi lebih rumit ketika ikan masih dalam keadaan hidup dan bergerak.

“Saya selalu pakai sarung tangan kain untuk pegang ikannya. Selain untuk biar enggak licin, juga biar tidak kena duri yang tajam. Kalau di rumah pakai lap juga bisa,” jelas Chef Suyanto kala ditemui Kompas.com pada Kamis (16/01/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com