Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Coba Bikin Tiramisu Sendiri

Kompas.com - 18/01/2020, 17:06 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tiramisu adalah dessert khas Italia dengan cita rasa kopi yang kuat. Hidangan ini memiliki paduan rasa yang lembut, sedikit pahit dari kopi, dan manis dari krim keju.

Kamu bisa dengan mudah membuat tiramisu di rumah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Yaitu biskuit ladyfinger, krim, keju mascarpone, gula pasir, air, bubuk kopi, dan telur.

Baca juga: Sejarah Seksi Tiramisu khas Italia, Asalnya dari Bordil

Berikut ini cara membuat tiramisu sendiri menurut Chef Agus Suherman, Pastry Chef di Liberta Restoran Jakarta.

Membuat sirup kopi

Pertama kamu harus membuat sirup kopi. Sirup kopi ini yang nantinya akan jadi sumber rasa kopi dalam tiramisu.

Cara membuatnya mudah, hanya cukup melarutkan gula pasir dan air panas, lalu masukkan kopi bubuk secukupnya.

Rendam biskuit ladyfinger

Setelah itu, masukkan biskuit ladyfinger ke dalam larutan sirup kopi. Tak perlu lama, cukup rendam hingga seluruh permukaan biskuit terkena sirup kopi. Setelah itu, tata di dalam gelas atau wadah.

“Rendamnya jangan lama-lama karena nanti dia akan hancur. Kalau sudah, ditata dan dibiarkan hingga menyerap,” jelas Chef Agus kala ditemui Kompas.com pada Rabu (15/01/2020) di acara Grand Opening Restoran Liberta Jakarta.

Biskuit ladyfinger ini akan jadi dasar dari tiramisu. Selain itu, biskuit disusun dalam beberapa lapisan yang di sela-sela setiap lapisan diberi krim mascarpone.

Membuat lapisan krim

Kemudian waktunya membuat lapisan krim yang akan membentuk kue tiramisu. Caranya adalah dengan mengocok kuning telur dan gula hingga membentuk krim.

Lalu, campur dengan keju mascarpone. Kocok juga putih telur hingga kaku dan campurkan ke dalam campuran krim.

“Kalau sudah bisa ditata di atas lapisan biskuit. Lalu setelah krim, bisa pakai biskuit lagi dan kasih sirup gula lagi supaya rasanya makin kuat. Terus begitu hingga sampai tinggi kue yang diinginkan,” jelas Chef Agus.

Jika sudah, di bagian atas tiramisu bisa kamu taburkan bubuk kopi untuk garnish. Lalu simpan di lemari es hingga dingin dan cukup mengeras. Tiramisu buatan rumah pun siap dinikmati.

Tambahan buah

Sedikit tips dari Chef Agus, kamu bisa menggunakan beberapa buah beri segar di atas tiramisu. Menurutnya, buah beri segar bisa membuat kue tak terasa terlalu berat dan manis.

Selain itu, ia juga berkreasi dengan membuat bagian lapisan dalam tiramisu dengan isian molten espresso.

Baca juga: Selain Tiramisu, Ini 5 Hidangan Manis Populer Italia

Tiramisu juga bisa ditata dalam cetakan silikon untuk membuatnya lebih cantik.

Selain biskuit ladyfinger, kamu juga bisa menggantinya dengan beberapa biskuit dan kue lain seperti kue sponge dan crunchy biskuit hazelnut seperti yang digunakan oleh Chef Agus di Liberta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com