Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Paspor Saat Weekend, Kunjungi Festival Keimigrasian 2020

Kompas.com - 18/01/2020, 18:04 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama Festival Keimigrasian 2020 berlangsung aman. Meski tanpa seremoni acara karena hujan dan terkendala genangan air, pelayanan paspor tetap berjalan seperti biasa.

Salah satu pemohon paspor yang datang di festival ini Paramita mengungkap kesan tersendiri setelah permohonan paspornya terlayani.

Baca juga: Festival Keimigrasian 2020 Digelar sampai Besok, Yuk Urus Paspormu

"Cukup bagus, tertib, kemudian juga teratur, petugasnya juga ramah," kata Paramita kepada Kompas.com.

Meski dinilai baik, Paramita mengaku ada kekurangan dalam acara yaitu terkait pembayaran permohonan paspor. Pembayaran hanya bisa dilakukan lewat kartu debit BRI atau cash.

"Gak bisa kartu lainnya," ujarnya.

Baca juga: Tata Cara Pembuatan atau Perpanjang Paspor di Festival Keimigrasian 2020

Paramita mengatakan tujuannya datang ke festival ini karena ingin memperpanjang masa berlaku paspor miliknya.

"Saya disarankan masuk ke layanan paspor online itu, terus saya cari yang paling dekat ternyata ada acara ini dan kebetulan juga harinya pas ya pas weekend. Jadi gak ganggu hari kerja, maka saya ke sini," jelasnya.

Bukan hanya orang dewasa, paspor juga dibutuhkan untuk anak-anak sebagai identitas mereka ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Bukan hanya orang dewasa, paspor juga dibutuhkan untuk anak-anak sebagai identitas mereka ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.

Ia juga berharap pelayanan seperti ini lebih ditingkatkan, dan lebih terorganisir, terutama di kantor-kantor imigrasi.

Ia mengaku jika pelayanan paspor kali ini lebih terkesan rapi karena dalam satu rangkaian acara. Lanjutnya, berbeda dengan di kantor yang terkadang pemohon dibuat lama menunggu antrean.

Baca juga: Pemohon Paspor dengan Syarat Berikut Dapat Prioritas di Festival Keimigrasian 2020

Sementara itu Nadia Riski Marsha pemohon paspor asal Pondok Kelapa, Jakarta Timur mengaku termudahkan dengan adanya pelayanan paspor di Festival Keimigrasian 2020.

Ia datang untuk melakukan penggantian paspor lamanya.

"Kemarin saya udah melakukan pendaftaran dari aplikasi layanan paspor online. Gampang banget, kalau menurut saya sih mudah, cepat, dan tinggal tunggu jadi aja," katanya.

Festival Keimigrasian yang terdiri dari pelayanan paspor masih berlangsung hingga hari Minggu (19/1/2020). Adapun pelayanan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com