Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Kembali Dibuka 22 Januari 2020

Kompas.com - 21/01/2020, 07:08 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung akan dibuka kembali pada Rabu (22/1/2020). Sebelumnya, jalur pendakian ini ditutup sejak Senin (6/1/2020) karena kondisi cuaca buruk.

"Dikarenakan cuaca sudah membaik, maka pendakian sudah bisa dilaksanakan, dan jalur Kledung sendiri sudah dibuka mulai tanggal 22 Januari 2020," kata Pembina Basecamp Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo) via Kledung, Basori Setiyawan, ketika dihubungi Kompas.com, Senin (20/1/2020).

Basori menambahkan, selama penutupan gunung telah dilakukan pembersihan jalur pendakian dan pembenahan terhadap sampah-sampah yang ada.

Baca juga: 11 Aturan yang Mesti Kamu Patuhi kalau Ingin Mendaki Gunung Sindoro

Grasindo dalam akun Instagramnya menyarankan agar para pendaki tetap mengutamakan persiapan yang matang dengan kelengkapan keamanan sebelum melakukan pendakian.

Pada 6 Januari 2020 lalu, Gunung Sindoro sempat dikabarkan menutup jalur pendakian via Kledung karena cuaca buruk yang berpotensi membahayakan pendaki.

Selain itu, penutupan juga dimaksudkan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta ekosistem.

Gunung Sindoro setinggi setinggi 3.136 meter di atar permukaan laut memiliki beberapa jalur pendakian. Selain via Kledung juga ada jalur pendakian via Kebun Teh Tambi, Sigedang. 

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kebun Teh Tambi Wonosobo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com