Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Membuat Itinerary Liburan, Perhatikan Biaya hingga Kesukaan

Kompas.com - 21/01/2020, 14:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu baru pertama kali melakukan perjalanan ke suatu tempat, itinerary atau rangkaian perjalanan merupakan hal penting yang harus dimiliki.

Sebab, kamu tidak ingin salah mengunjungi tempat wisata dan melakukan kegiatan yang dilarang oleh masyarakat setempat.

Travel influencer dan pemilik akun Instagram kartuposinsta Kenny Santana mengamini hal tersebut. 

"(Itinerary penting) agar ada acuan mau pergi ke mana," kata Kenny saat ditemui Kompas.com dalam acara peluncuran layanan one stop travel yaitu Travel Insider milik United Overseas Bank (UOB) di UOB Plaza, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Wisata Lombok, Contek Itinerary 1 Hari di Kota Tua Ampenan

Kenny menambahkan, traveler harus sesering mungkin membuat itinerary, sehingga akan terbiasa dan menghasilkan rangkaian perjalanan bagus, dan tidak padat. Hal ini berfungsi agar bisa menyesuaikan jika ada hal-hal di luar rencana.

Kenny menuturkan, membuat itinerary tidak harus terpaku pada tempat wisata populer di kota atau negara yang kamu tuju.

"Kalau aku suka museum, aku akan cari museum (untuk dimasukkan ke dalam rangkaian perjalanan). Kalau aku suka minum kopi, aku akan cari kafe. Intinya jangan mengikuti gaya traveling (dan itinerary) orang lain," tutur Kenny.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Kota Batu, Glamping sampai Kulineran

Sebab, jika mengikuti itinerary orang lain, maka ada beberapa tempat wisata terpaksa dikunjungi, padahal belum tentu kamu suka.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat itinerary adalah mengikuti biaya yang mampu dikeluarkan.

Sebab, jika kamu menaruh tempat diluar batas keuangan yang sudah kamu rencanakan, maka mungkin akan kecewa karena tidak dapat berkunjung ke sana. Hal tersebut juga berkaitan dengan pembelian tiket pesawat yang murah.

Baca juga: Itinerary Seharian di Tunjungan Plaza: Makan, Belanja, dan Nonton

"(Kalau membeli) tiket pesawat promo, kamu bisa mix and match akomodasi. Ada hal yang bisa kita hemat, ada hal yang bisa kita splurge untuk memanjakan diri sendiri," kata Kenny.

Di sisi lain, Kenny melanjutkan, selain mengikuti itinerary, luangkan sedikit waktu saat liburan, sehingga saat bangun hingga tidur tidak terasa penuh dengan acara.

Walaupun rangkaian perjalanan dapat dijadikan sebagai acuan tempat wisata dan kegiatan yang dapat dilakukan di sana, Kenny mengatakan, kemampuan seseorang memadukan rangkaian perjalanan dengan waktu luang lebih penting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com