Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Flashmob di Yogyakarta, Uniknya Selasa Wage di Malioboro

Kompas.com - 21/01/2020, 19:06 WIB
Yuharrani Aisyah,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biasanya Malioboro dipenuhi PKL (pedagang kaki lima) dan terlihat kendaraan lalu lalang. Namun tiap Selasa Wage penampilan tempat wisata populer ini terlihat berbeda.

Setiap Selasa Wage para pedagang di Malioboro libur dan tak ada kendaraan bermotor lewat.

Mulai pertengahan 2019 lalu, Selasa Wage pun dimeriahkan pentas budaya. Bahkan pada awal Januari 2020, saat Selasa Wage di Malioboro ada flashmob tarian tradisional Golek Menak yang menjadi viral di media sosial.

Flashmob Selasa Wage

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

????Banyak Atraksi Banjiri Malioboro Selasa Wage????? ? Haloooooo #SobatVisitingJogja!!! Meriahnya Malioboro Selasa Wage udah ga perlu diragukan deh! ????????Sedari sore tadi berbagai hiburan tersuguh sepanjang jalan Malioboro. Kuy yang belum merapat buru buru otw kesini yaaaa????????????? ? Keseruan Malioboro Selasa Wage masih sampai nanti malam. Kuy gas kan!????????? ? ? (san/agr)? ? ? #visitingjogja #explorejogja #jogjaistimewa #dispardiy #visitingjogja #dinaspariwisatadiy????????? #sobatvisitingjogja #tourisminformation #MalioboroSelasaWage #SelasaWagen #SelasaWage #pariwisata #jogja #travel #sunset #trip #nature #wanderlust #travelgram #kuliner #culinary #vacation #instatravel #adventure #travelphotography #pariwisatajogja #tourismdiy????????? #www.visitingjogja.com? @san_sanida @visitingjogjacom? www.visitingjogja.com

A post shared by Visiting Jogja (@visitingjogjacom) on Jan 14, 2020 at 3:46am PST

Buat kamu yang liburan di Malioboro saat Selasa Wage akan dapat bonus pertunjukan budaya, seperti flashmob tarian tradisional.

Namun, belum dapat dipastikan apakah pementasan serupa akan dilaksanakan setiap Selasa Wage.

Baca juga: Selasa Wage, Pedagang Stop Jualan untuk Bersih-bersih Malioboro

“Pementasan yang ngisi berasal dari masyarakat sekitar 70-80% jadi belum tahu ada pentas apa,” jelas Singgih Budiyanto, Kadispar DIY saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/01/2020).

Menurut Singgih, penampil pada Selasa Wage harus mendaftarkan diri di UPT Malioboro.

Kamu dapat update informasi mengenai pertunjukan Selasa Wage di akun Instagram Dispar DIY.

Awal Mula Pertunjukan Budaya pada Selasa Wage

Permainan Tradisional, Atraksi Seni Budaya pada Selasa WageSHUTTERSTOCK Permainan Tradisional, Atraksi Seni Budaya pada Selasa Wage

Semenjak pertengahan 2019 lalu, beberapa pihak terkait memutuskan untuk menambah atraksi menarik pada Selasa Wage yaitu pertunjukan seni budaya.

Koordinasi pun dilakukan untuk menentukan titik pementasan, supaya tidak terlalu dekat dengan hiruk pikuk.

Ada pula beberapa peraturan mengenai pelaksanaan atraksi seni budaya. Di antaranya tidak boleh pentas di jalan raya dan tidak boleh menghambat Trans Jogja.

Baca juga: 5 Wisata Keren di Jogja untuk Menghabiskan Weekend

Aturan dibuat oleh Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, UPT Malioboro, Dinas Perhubungan Provinsi DIY, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, dan seniman serta budayawan.

Selasa Wage di Malioboro

Tak Ada PKL saat Selasa Wage di MalioboroSHUTTERSTOCK Tak Ada PKL saat Selasa Wage di Malioboro

Selasa Wage dipilih sebagai hari bagi PKL di Malioboro untuk beristirahat dari aktivitas ekonomi sekaligus bersih-bersih.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com