Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TRAVEL] Taman Harmoni dan Air Terjun 6 Tingkat Yogyakarta

Kompas.com - 29/01/2020, 06:10 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Air terjun enam tingkat di Yogyakarta masuk dalam jajaran berita populer Travel Kompas.com pada Selasa (28/1/2020). 

Selain itu, berita lain yang masuk berita populer adalah Taman Harmoni di Surabaya. Taman ini unik karena di atas lahan yang dulunya adalah tempat pembuangan sampah (TPS).

Berita lain yang juga populer adalah tips mendapatkan late check-outupdate terbaru penerbangan Lion Air rute China dan beda dalam wet aging dan dry aging untuk membuat daging empuk.

Untuk lengkapnya, berikut lima berita terpopuler Travel Kompas.com pada Selasa 28 Januari 2020.

Air terjun 6 tingkat di Yogyakarta

Beberapa waktu ini viral penampakan air terjun bertingkat di Yogyakarta. Rupanya itulah Grojogan Watu Purbo Bangunrejo yang punya 6 tingkatan.

Bangunan dasar air terjun ini sudah ada semenjak tahun 1975, sedangkan mulai dikelola menjadi tempat wisata sejak tahun 2017 oleh Pokdarwis Bangunrejo.

"Asal muasal Grojogan Watu Purbo pada tahun 1975 adanya proyek Merapi membangun sabo (dam) untuk menahan aliran bila terjadi erupsi. Bangunan dibuat 6 trap (tingkat),” jelas Sarjono selaku Ketua Pokdarwis Bangunrejo saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/1/2020).

Klik link berikut untuk mengetahui informasi terkait air terjun 6 tingkat di Yogyakarta

Taman Harmoni, bekas TPS yang kini jadi cantik

Taman yang berdiri sejak tahun 2014 ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah akhir di Surabaya. Area yang sudah bersih dari sampah itu lalu beralih fungsi menjadi taman oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Lima tahun berselang, Mei 2019, taman ini diresmikan Risma sebagai salah satu taman terbesar di kota Surabaya.

Pantauan Kompas.com, Taman Hutan Kota Keputih memiliki beberapa kebun bunga seperti bunga matahari hingga bunga sakura. Sayangnya, saat kami berkunjung, bunga sakura belum bisa terlihat mekar karena masuk musim hujan.

Namun kamu bisa melihat jenis bunga lain yang bermekaran di taman seluas 40 hektar ini. Ada juga hutan pohon bambu yang rindang dan cocok dijadikan spot foto Instagramable.

Klik link berikut untuk mengetahui Taman Harmoni, bekas tempat pembuangan sampah yang kini jadi cantik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com