Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Vegetarian dan Bebas Plastik Akan Hadir di Acara Oscar

Kompas.com - 30/01/2020, 22:05 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang pernghargaan bergengsi industri film dunia, The Academy Award atau OScar tahun ini akan menghadirkan makanan vegan atau berbasis tanaman bagi para tamu.

Baca juga: Vegan dan Vegetarian Itu Berbeda, Yuk Cari Tahu Bedanya

Dikutip dari Reuters, menu makan siang yang disajikan untuk nominasi Oscar hingga, makanan ringan yang disajikan sebelum upacara Academy Award pada 9 Februari 2020, akan 100 persen berbasis tanaman.

Sementara hidangan makan malam  pasca acara Oscar akan terdiri dari 70 persen bahan dasar tumbuhan, 30 persen vegetarian, ikan dan daging.

Selain itu pantia Academy Award juga berkomintmen untuk tidak menghadirkan botol air plastik dan minuman kemasan lainnya dalam wadah plastik untuk acara tahun ini.

Baca juga: Nasi Padang, Sate Taichan, dan Steak Vegetarian, Apa Rasanya Tanpa Daging?

Hal serupa sudah dilakukan oleh acara penghargaan Golden Globe, Critics Choice Awards, dan Screen Actors Guild. Mereka juga menyajikan menu makan malam yang berbahan dasar tumbuhan untuk para nominasi dan para tamu.

Pemeran utama "Joker", aktor Joaquin Phoenix, adalah seorang vegetarian yang ketat. Ia mengucapkan terima kasih saat pidato kemenangannya untuk makan malam vegan Golden Globes.

 

Tren penyajian makanan vegan di ajang penghargaan menuai pujian. 

Sajian vegan di acara Golden Globes 2020. Dok. Leslie Grow/Beverly Hilton Sajian vegan di acara Golden Globes 2020.

Presiden Hollywood Foreign Press Association (HFPA) sebagai penyelenggara Golden Globe, Lorenzo Soria mengatakan pilihan menyajikan makanan vegan "mengejutkan" dan menjadi perhatian dunia. 

"Kami melakukan ini di saat semua orang peduli dengan lingkungan dan perubahan iklim." jelasnya dikutip dari The Hollywood Reporter.

Mengenai apakah Joaquin Phoenix meyakinkan HFPA untuk berbasis nabati, Soria mengatakan perubahan itu didukung oleh "banyak orang lain". Termasuk Leonardo DiCaprio, Ricky Gervais, Christian Bale, Margot Robbie, dan Mark Ruffalo.

Soria menyatakan jika beberapa orang tetap menikmati makanan vegan dan menghargainya dalam hal rasa.

Baca juga: Catat Sejarah, Golden Globes 2020 Tidak Sajikan Daging untuk Makan Malam

Berbagai acara penghargaan lainnya mungkin tidak semuanya vegan tahun ini, tetapi akan menyediakan asupan nabati bagi mereka yang memintanya.

Perencana pesta Ben Bourgeois mengatakan vegan adalah momen, sebagaimana tren makanan lain. Dia mencatat ada orang yang akan meminta permintaan vegan atau permintaan khusus lainnya, tetapi tidak dalam persentase yang besar. Dengan kata lain Bourgeois mempertanyakan tren penyajian makanan vegan untuk jangka panjang di ajang penghargaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com