Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Gratis untuk Membuat Skripsi dan Tugas di Jakarta, Pasar Buku Kenari

Kompas.com - 31/01/2020, 21:06 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hanya sekedar pasar buku, Jakbook atau Wisata Buku Pasar Kenari memanjakan pengunjungnya dengan banyak area baca.

Area baca merupakan fasilitas gratis yang berguna sebagai tempat membaca yang nyaman bagi para pengunjung Pasar Buku Kenari.

Seorang pengunjung bernama Lina (21) menyatakan jika dirinya baru beberapa kali datang ke Pasar Buku Kenari. Mahasiswi itu sering mencari buku untuk keperluan tugas.

"Sering cari buku untuk tugas dan skripsi, harganya murah dan bisa ditawar. Lalu bisa sambil kerja di kafe juga," paparnya saat ditemui oleh Kompas.com di Pasar Buku Kenari, Selasa, (29/1/2020).

Baca juga: Libur Akhir Pekan, Yuk Berburu Buku di Pasar Kenari Jakarta

Area baca di Wisata Buku Pasar Kenari tidak hanya satu, ada sekitar enam area baca. Area baca pertama berada di kafe Bencoolen. Tempat ini terhitung asik untuk membaca serta ngopi santai.

Untuk sampai di area baca ini kamu bisa naik tangga di depan pintu masuk Pasar Kenari. Masuk ke Pasar Kenari kamu langsung belok ke kiri dan menaiki tangga sampai ke lantai tiga. Setelah itu kafe Bencoolen ada disebelah kanan pintu masuk Wisata Buku Pasar Kenari.

Bencoolen menyajikan biji kopi dari Bengkulu. Di sini pengunjung bisa duduk di sofa atau di kursi dekat jendela. Pengunjung dapat juga menggunakan laptopnya di meja yang sudah disedikan stop kontak.

Suasana area baca di Kafe Boncoolen, sambil membaca bisa ngopi. Kopi berasal dari biji kopi BengkuluKompas.com / Gabriella Wijaya Suasana area baca di Kafe Boncoolen, sambil membaca bisa ngopi. Kopi berasal dari biji kopi Bengkulu

Kopi yang disediakan ada kopi tubruk, tubruk susu, latte, espresoo dan masih banyak lagi. Untuk harga jangan di tawar, secangkir kopi bisa dibeli dari harga Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Area baca lainnya ada di depan eskalator. Terdapat beberapa area baca di sekitarnya. Pertama adalah area baca di depan coworking space. Lalu terdapat juga di samping kanan kiri pangung.

Baca juga: Itinerary 1 Hari Naik Bus Tingkat Wisata Rute History of Jakarta

Selanjutnya juga ada di depan ruangan laktasi, dan di depan PAUD yang berda di seberang pintu masuk Jakbook.

Pengunjung yang masuk tidak dipungut biaya, sama halnya dengan pengunjung yang ingin menikmati fasilitas area baca, gratis. Area baca yang disediakan terdiri dari rumput buatan dan rak buku. Rumput berfungsi sebagai alas atau tikar dan teksturnya lumayan empuk.

Salah satu kios di pasar buku Jakbook, Jakarta Pusat saat didatangi pada Senin (19/8/2019).KOMPAS.com/HILEL HODAWYA Salah satu kios di pasar buku Jakbook, Jakarta Pusat saat didatangi pada Senin (19/8/2019).

Pengunjung juga bisa duduk di mini market, JakMart yang didalamnya disediakan aneka minuman dan mi instan. Area baca sangat mudah di temukan di Pasar Buku Kenari. Bahkan area baca yang satu dengan lainnya sangat berdekatan.

Area baca dikelilingi dengan kios buku. Buku yang dijual merupakan novel tua, komik jadul, majalah bekas, novel langka dan buku-buku pelaharanperguruan tinggi. Harga buku yang ditawarkan dari Rp 5.000, walaupun buku jadul kualitasnya masih bagus dan terawat.

Pengunjung juga dapat menggunakan Wifi yang menjangkau sudut area dan lanta tiga Pasar Buku Kenari dilengakpi pendingin ruangan.

Selain itu suasana di Wisata Buku Pasar Kenari sangat bersih dan jauh dari kata kumuh. Alhasil membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu membaca buku.

Baca juga: 10 Makanan yang Dijual Saat Malam di Pasar Lama Tangerang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com