Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Tokyo, Ada Alternatif Tempat Wisata di Jepang

Kompas.com - 01/02/2020, 17:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Jepang adalah salah satu negara populer untuk dikunjungi wisatawan Indonesia. Beberapa kota yang sering dijadikan sebagai tujuan utama untuk berlibur adalah Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata saat Musim Gugur dan Dingin di Jepang

 

Ketiga kota tersebut juga populer di kalangan wisatawan mancanegara (wisman) lain.

Akan tetapi, Pemerintah Jepang menargetkan untuk membawa 40 juta wisman berkunjung ke Jepang di tahun 2020.

Tentunya jika seluruh wisman mengunjungi tiga kota tersebut di waktu bersamaan, kota-kota tersebut akan terasa padat sehingga mengganggu pengalaman liburanmu.

“Saat ini masih banyak dari mereka (wisatawan Indonesia) yang datang ke area Golden Route (rute perjalanan dari Tokyo ke Kanazawa menggunakan Hokuriku Shinkansen),” kata Project Manager Japan Travel Week Akita Priandana saat ditemui Kompas.com di konferensi pers Japan Travel Fair di All Season Hotel, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

"Padahal selain Tokyo, ada banyak tempat menarik di Jepang untuk dikunjungi dalam satu tahun ini," lanjut Akita.

Akita mengatakan bahwa Sapporo dan Hokkaido tidak kalah menarik dari Tokyo. Terlebih lagi jika dikunjungi pada saat musim dingin.

Meski begitu untuk liburan di Hokkaido, Akita menyarankan untuk mengunjungi beberapa area dekat Tokyo jika hanya untuk melihat salju.

Sebab, beberapa area di Tokyo yang mampu dikunjungi menggunakan kereta atau kendaraan umum dalam perjalanan selama satu hari juga tidak kalah menarik untuk melihat salju. Beberapa di antaranya adalah Ibaraki, Tochigi, dan beberapa area di utara Kanto.

Bahkan, Kota Nikko yang terletak di Prefektur Tochigi juga memiliki pemandangan yang indah untuk menikmati salju saat musim dingin.

“Di beberapa area ini ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak hanya untuk melihat pemandangan. Seperti pemandian air panas alami. (Kalau tetap ingin berjalan-jalan di Tokyo) bisa menuju ke arah utara Tokyo karena di sana terdapat banyak tempat menarik” kata Akita.

Untuk alternatif lain, Akita menyarankan wisatawan Indonesia bisa berkunjung ke area tengah Jepang seperti Chubu. Sebab, di sana ada Nagoya dan Shirakawa-go yang memukau. Kamu juga bisa berkunjung ke Fukuoka, Kyushu, dan Okinawa.

Terkait Olimpiade dan Paralimpiade 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo, Akita mengatakan bahwa kota tersebut pasti akan lebih padat dari biasanya.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, IOC Berkoordinasi dengan WHO

 

Oleh karena itu, jika kamu ingin berkunjung di bulan Juli–September mendatang, ada baiknya mencari penginapan di luar Tokyo.

“Kami sarankan kalau ke Tokyo untuk menonton olimpiade dan paralimpiade, lebih baik menginap di hotel yang jaraknya (ke Tokyo) masih dapat ditempuh melalui Shinkansen atau kereta biasa,” kata Akita.

Baca juga: Liburan ke Tokyo, Coba Menginap di Ryokan Modern Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com